5 alasan Anda tidak pernah mencapai tujuan Anda

Spread the love

 

Setiap orang punya tujuan, rencana, atau impian. Apa yang menjadi cita-cita terbesar Anda dalam kehidupan? Tujuan bisa bermacam-macam, baik itu finansial, mental, ataupun spiritual. Dan setiap orang memiliki strategi sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan itu. Tapi terkadang realitas tidak semulus yang direncanakan.

Banyak tujuan yang akhirnya tidak pernah sampai, berhenti, atau bahkan terlupakan. Padahal kita yakin betul bahwa tujuan itu sangat realistis dan mudah untuk diwujudkan.

Banyak hal yang menyebabkan Anda tidak pernah mencapai tujuan Anda. Kita menyebutnya sebagai faktor penghambat. Faktor penghambat ini bisa berasal dari internal dan eksternal. Pada prakteknya, hambatan itu secara dominan di sebabkan karena faktor internal. Terkadang diri kita sendiri yang menjadi faktor penghambat tujuan.

Beberapa alasan tidak tercapainya tujuan diantaranya:

  1. Anda tidak memiliki komitmen yang sungguh-sungguh. Pernahkah anda memiliki keinginan untuk bangun pagi? Mungkin tidak masalah untuk Anda yang biasa bangun pagi, tapi bagi orang yang biasa bangun terlambat, sarapan terlambat, berangkat kerja juga terlambat, keinginan bangun pagi setidaknya pernah menggugah keinginan anda. Sering kita berusaha dengan keras untuk bangun lebih awal. Tapi kalo Anda tidak stel alarm, tidur juga telat, tidak menentukan aktivitas apa yang akan dilakukan jika bangun lebih pagi, maka Anda akan tetap mengulangi kebiasaan yang lama: bangun kesiangan.
  2. Tidak gigih dan tidak membiasakan diri. Mungkin ada diantara kita yang pernah memiliki keinginan untuk mahir dalam hal menulis. Termasuk juga saya. Kita ingin bisa menulis tulisan yang berkualitas, menarik minat, dan tidak membuat bosan. Pertanyaannya, seberapa sering Anda berlatih untuk menulis? Apakah hanya ketika mood saja? Bagaimana teknik Anda mengasah kemampuan menulis? Gigih dan terus berlatih adalah jalur cepat untuk mencapai tujuan. Berlaku untuk berbagai hal, jika ingin menjadi ahli, maka kita harus rajin berlatih.
  3. Kebiasaan menunda dan malas berkepanjangan. Ini adalah musuh nomor satu dalam mencapai tujuan. Kita selalu berpikir masih banyak waktu, masih bisa nanti, dan akhirnya tidak bergerak sama sekali. Berawal dari malas, maka semakin banyak penundaan yang kita lakukan. Kita terlalu berkutat dalam zona nyaman, maka tujuan pun menjadi bias, bahkan tidak pernah tercapai. Malas berkepanjangan lebih berbahaya lagi, karena bisa menjadi karakter buruk, jangan heran apabila banyak sekali kegagalan datang karena faktor malas.

Hidup itu bergerak. Banyak hal terselesaikan karena kita bergerak. Begitu juga waktu. Jika kita berhenti maka kita tertinggal waktu. Hidup terlalu singkat untuk tidak melakukan apa-apa. Banyak goal tujuan yang bisa kita ciptakan. Dengan mengetahui hambatan-hambatan dan mengambil langkah ansisipasi, maka jalan menuju pencapaian akan semakin mudah dan realistis.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

2 Comments


  1. Betul banget no 3 yang paling sering jadi masalah tuh kayaknya,
    semoga kedepannya bisa menghilangkan sifat ini
    terima kasih infonya gan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.