5 resep bahagia di saat galau

 

Kondisi galau bisa datang kapan saja, entah itu karena adanya masalah atupun saat sedih melanda. Pada kondisi seperti ini biasanya orang akan mencari hiburan, baik itu dengan keluar rumah ataupun melakukan aktivitas tertentu.

Kadang yang paling sulit adalah menghilangkan masalah yang selalu berputar dikepala. Kita butuh solusi disini. Solusi yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah. Solusi yang kita pikirkan dengan matang sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Masalahnya, menemukan solusi jitu kadang agak susah ketika kepala masih “mumet”. Kita butuh sejenak untuk menenangkan pikiran. Kita butuh waktu sejenak untuk introspeksi dan menenangkan diri. Sehingga solusi bisa didapat tanpa melibatkan emosi.

Ada beberapa resep sederhana untuk membuat hati kita sedikit lebih lega dari sebelumnya. Mungkin bukan solusi instant, namun setidaknya dapat membantu ketika pikiran lagi buntu.

  1. Katakan “it’s okay” untuk hal hal-hal yang tidak dapat dapat anda lakukan, tidak dapat anda raih, dan berada diluar kendali anda. Memang modal keyakinan itu perlu untuk merubah situasi. namun keyakinan itu butuh waktu untuk berproses bukan? Ada beberapa tindakan solusi yang kita lakukan berdasarkan keyakinan, dan pasti butuh waktu untuk menunjukkan hasilnya. Sementara itu mungkin keadaaan kita masih berada dalam kondisi tidak nyaman.
  2. Fokus kepada hal yang dapat anda lakukan, dapat anda raih, dan berada dalam kendali anda. Saya beri garis bawah disini, kita fokus pada tindakan. Memikirkan solusi dan menentukan keputusan terbaik, baru sebagian dari jalan keluar. Kita butuh tindakan yang berada di dalam kendali kita untuk merubah situasi. Apakah hal itu terasa berat? Mungkin iya bila yang kita hadapi adalah masalah yang kompleks dan membutuhkan effort besar, namun kita bisa membaginya kecil-kecil dan menentukan skala prioritas untuk tindakan yang perlu dilakukan pertama kali.
  3. Berkumpul dengan komunitas yang mendukung. Komunitas memberi pengaruh cukup signifikan terhadap psikologis seseorang. Jika ingin tahu bagaimana kondisi Anda saat ini, maka perhatikan dengan siapa anda bergaul. Cari komunitas yang lebih spesifik sesuai dengan goal yang anda tetapkan. Bukankah untuk menjadi entrepreneur sukses kita juga perlu bergaul dengan entrepreneur sukses juga? Agak sulit untuk sukses sendirian, namun bisa lebih cepat dengan adanya dukungan komunitas.
  4. Lakukan perbaikan dan terus melangkah ke depan. Jangan berhenti melangkah dan terus melakukan perbaikan. Mungkin kita perlu melakukan evaluasi, dan mengalokasikan waktu khusus untuk itu. Terkadang masalah lebih lama terpecahkan karena kita terlalu lelah untuk “menebang” sehingga tidak sempat untuk “mengasah kapak”. Pernah dengar istilah perubahan kecil bisa berdampak besar? Seperti itulah proses perbaikan dalam hidup.
  5. Syukuri apa-apa apa yang anda miliki, bukan apa-apa yang tidak anda miliki. Ketika kita menyadari tidak semua yang kita inginkan terpenuhi, mingkin kita akan sedikit bersedih. Namun ketika kita menyadari apa yang anda butuhkan sudah terpenuhi, hal ini dapat menghibur Anda. Bahkan mungkin bisa menjadi awal dari sebuah kebahagiaan, bahwa apa-apa yang anda butuhkan itu ternyata lebih besar nilainya dari pada yang anda inginkan. Maka ketika yang anda butuhkan sudah terpenuhi, dari situ kita tersadar bahwa kita sudah “berkecukupan”.

Hidup tanpa masalah seakan mustahil terjadi. Bukan berarti setiap masalah itu akan berdampak buruk, bisa jadi setiap kebaikan itu muncul berawal dari adanya masalah. Sebagian orang menyebutnya “hikmah” di balik permasalahan. Memang dibutuhkan skill tersendiri dalam ini. Setidaknya dengan mengetahui kondisi anda sekarang, mensyukuri apa yang anda milikim dan melakukan perbaikan demi perbaikan, akan membuat hidup anda lebih baik dari sebelumnya.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

Leave a Reply