5 Strategi agar Bisnis Go International

Spread the love

Memiliki bisnis yang bisa terkenal hingga ke berbagai negara memang tidaklah mudah, tapi bukan berarti mustahil loh. Memang dibutuhkan waktu dan proses agar produk bisnis Anda bisa dikenal dan bisa go international.

“Memang apa untungnya jika bisnis bisa go international ? mendingan kuasai pasar lokal saja.”

Eitts…jangan salah, menguasai pasar lokal memang penting tapi dengan ekspansi ke berbagai negara tentunya dapat menaikan nama brand bisnis Anda dan tentunya keuntungan yang bisa didapatkan jauh lebih banyak dibandingkan hanya menguasai pasar lokal.

Nah, berikut ini ada 5 strategi agar bisnis go international yang bisa Anda ikuti dan terapkan untuk bisnis Anda :

Memiliki Sistem Bisnis

Sebelum masuk ke pasar international, sebuah bisnis haru memiliki sistem yang layak dan kuat terlebih dahulu sehingga bisnis tersebut bisa dikelola dengan baik ketika sudah berkembang. Beberapa sistem bisnis yang wajib dimiliki yaitu sistem transaksi, pengelolaan keuangan, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), sistem pemasaran dan penjualan, dan manajemen resiko.

Sistem transaksi disini merupakan metode yang digunakan untuk segala macam transaksi di dalam bisnis, apakah menggunakan pembayaran cash, cicilan, transfer, uang elektronik dan lainnya. Selain itu, pengelolaan keuangan juga harus ada karena nyawanya bisnis ada disini, mulai dari uang masuk ke perusahaan, pembelian kebutuhan perusahaan setiap bulan hingga pembayaran ke vendor.

Setiap bisnis yang berkembang pasti ada karyawan di dalamnya, maka dari itu manajemen SDM sangat diperlukan. Pilihlah karywan yang memiliki kemampuan dan semangat yang tinggi. Sedangkan sistem pemasaran dan penjualan menentukan besarnya pemasukan untuk perusahaan. Apapun bisnisnya pasti memiliki resiko, disinilah pentingnya manajemen resiko untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Produk yang Berkualitas

Bisnis yang terkenal hingga ke mancanegara pastinya memiliki produk yang berkualitas. Mungkin Anda sudah tidak asing jika mendengar coca cola, Gucci, Ferrari dan Iphone, semua itu adalah produk unggul yang paling berkualitas di masing-masing bidang industri.

Membuat produk berkualitas bukan hanya masalah bahan yang digunakan kuat atau tidak, tapi juga berhubungan dengan desain yang digunakan sehingga mampu memikat mata konsumen. Gunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam membuat suatu produk.

Masuk ke Pasar International dengan Internet

Ada satu metode yang bisa Anda gunakan untuk masuk pasar international dengan cepat yaitu dengan memanfaatkan internet. Anda bisa memanfaatkan social media yang penggunanya berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs marketplace dan trading terbesar di dunia seperti amazon, alibaba dan ebay.

Pasang foto produk dengan kualitas gambar yang bagus, selain itu Anda juga bisa menyertakan video tutorial penggunaan produk. Pastikan Anda menyertakan alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk memudahkan pemesanan.

Buat Rencana Bisnis yang Realistis

Dalam memasarkan produk ke pasar international, ada beberapa tahapan yang harus dilewati mulai dari memasarkan produk di pasar lokal, mengirim stok produk untuk dijadikan sample di beberapa perusahaan, hingga mampu menguasai pasar international.

Maka dari itu, buatlah rencana bisnis yang benar-benar bisa diterapkan atau realistis seperti membuat draft segmen pasar yang akan dibidik, negara mana yang memiliki ceruk pasar sesuai dengan target Anda, mengatur pengiriman barang, hingga membuat kesepakatan tentang metode pembayaran seperti pembayaran dengan cash keras, sistem uang muka (down payment) atau bayar mundur.

Bangun Relasi yang Kuat

Setelah semua sistem bisnis dibuat, memiliki produk yang berkualitas dan produk Anda mulai diterima di beberapa negara. Selanjutnya adalah membangun relasi yang kuat dari setiap pembeli di setiap negara yang berbeda. Bangunlah hubungan yang kuat kepada setiap pembeli, ada baiknya jika Anda menguasai bahasa di setiap negara yang menjadi target bisnis Anda.

Buatlah para pembeli bukan hanya merasa senang membeli produk Anda tapi juga senang dengan keberadaan bisnis Anda.

Ikuti step by step 5 strategi agar bisnis go international yang sudah dijelaskan di atas. Jika bisnis Anda sudah go international maka konsumen yang ada di pasar lokal tidak akan ragu untuk memburu produk yang Anda jual. Stay focus and Keep your spirit..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.