6 Penyebab pekerjaan ngga pernah selesai

Spread the love

Mungkin sering kita alami kondisi dimana pekerjaan ngga pernah selesai. Penyebabnya macam-macam, bisa faktor internal ataupun faktor eksternal. Pekerjaan apapun itu, baik pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah, pastinya kita ingin cepat selesai. Tugas-tugas yang datang tanpa henti, ataupun project pribadi membutuhkan penyelesaaian yang jelas.

Berikut 5 alasan kenapa pekerjaan kita ngga pernah selesai.

  1. Ngga fokus. Menjaga fokus dalam bekerja terkadang sulit. Terutama bila pekerjaan kita banyak. Bukannya ngga mau ngerjain, terkadang lupa adalah faktor dominan yang bikin pekerjaan ngga pernah selesai. Disini kita butuh organizer, atau setidaknya catatan atau to do list yang memudahkan kita memantau daftar pekerjaan dan progress yang harus diselesaikan.
  2. Selalu malas. Ini penyakit kronis yang sudah awam terjadi yang sering menyebabkan pekerjaan ngga pernah selesai. Tapi hebatnya pekerjaan bisa cepat selesai ketika deadlinenya udah dekat. Mungkin ini efek the power of kepepet. Andai kita bisa mengkondisikan selalu kepepet untuk setiap pekerjaan mungkin semuanya bisa cepet beres. Namun terkadang pekerjaan di waktu yang mepet hasilnya kurang maksimal dibanding pekerjaan yang dipersiapkan dengan baik.
  3. Ngga mood. Terjadi karena kita kurang memahami urgensi dari pekerjaan yang harus kita lakukan. Sehingga motivasi dan mood naik turun. Ini umum terjadi di bidang pekerjaan yang ngga sesuai passion. Kalo semua pekerjaan nunggu mood gawat juga sebenernya. Bisa-bisa ngga ada satupun yang beres dan pekerjaan ngga pernah selesai.
  4. Nunggu inspirasi. Hal ini bisa dimaklumi, mungkin terkadang kita jenuh dengan pekerjaan. Manusia butuh piknik. Atau sekedar refreshing. Mungkin rutinitas sehari-hari telah mematikan kreativitas kita. Terkadang inspirasi datang diwaktu dan tempat yang tidak terduga. Terkadang ide bermunculan kita mendapat pengalaman baru ketika pergi ke suatu tempat.
  5. Suka menunda. Pekerjaan ngga pernah selesai karena kita selalu menunda. Ini efek malas yang dibiasakan. Kembali lagi ke teori motivasi. Manusia cenderung memprioritaskan sesuatu sesuai dengan kadar motivasi. Menjaga motivasi setiap hari memang perlu terutama untuk hal menjadi tanggung jawab kita. Mengerjakan tugas sesuai dengan waktunya akan mengurangi beban kerja bertumpuk.
  6. Tidak ada deadline yang jelas. Setiap pepekerjaan memiliki waktu yang logis dalam pengerjaannya. Kualitas atau hasil bisa optimal bila tidak dilakukan tergesa-gesa. Seperti efek domino, deadline yang tidak jelas akan menjadi pekerjaan yang tak pernah selesai. Dan kemudian bertumpuk lagi dengan pekerjaan lain. Akibatnya akan terjadi load beban kerja yang berat di satu waktu, akhirnya membuat kita rentan stress.

Menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien serta tepat waktu merupakan pertemuan antara motivasi, disiplin dan tanggung jawab. Waktu sangat cepat berlalu, meninggalkan kita entah kita siap atau tidak.

Karena waktu itu terbatas, maka sangat penting organisasi waktu untuk kita menyelesaikan pekerjaan. Kesadaran akan nilai waktu memotivasi kita untuk berbuat yang terbaik di dalam kehidupan.

Ada yang mau menambahkan? silahkan komen dikolom komentar 😀

1 Comment


  1. wah artikelnya menggugah selera nih..
    bagus banget, sangat memotivasi dan menginspirasi
    thanks bro

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.