Antara Waktu dan Kehidupan

 

Seringkali Anda disibukkan oleh tugas dan pekerjaan, namun pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, sudah efektifkah penggunaan waktu Anda? Apakah Anda sudah mengalokasikan waktu Anda sesuai target dan menjalankannya sesuai rencana? Ataukah banyak perkerjaan yang belum selesai dan terbengkalai karena penggunaan waktu yang tidak tepat?

Waktu kita terbatas, hidup kita terbatas, karena waktu adalah kehidupan. Waktu yang hilang tidak dapat terulang kembali. Itulah salah satu sifat dari waktu. Setiap orang berpacu dengan waktu, ada sebagian orang yang mneggunakannya untuk hal yang positif dan menjadi orang hebat, dan sebagian lain menyiakan waktu dan sulit mencapai apa yang dia impikan.

Mengingat pentingnya waktu, sudah selayaknya Anda mengontrol dan mengatur penggunaan waktu Anda dengan Efektif. Berikut beberapa tips singkat yang membantu penggunnan waktu Anda menjadi lebih optimal:

1. Gunakan waktu untuk hal yang bermanfaat.

Hindari kegiatan yang kurang penting dalam kehidupan Anda. Karena posisi Anda sedang berpacu dengang waktu. Semua orang bekerja, semua orang berkarya, semua orang produktif.  Begitu juga dengan Anda. Sekali anda menyiakan waktu, maka Anda akan tertinggal oleh waktu. Karena hidup adalah kompetisi, maka ukurlah pancapaian Anda. Lihat sekeliling dan teman-teman Anda. Sudah sejauh mana prestasi mereka? Kesejahteraan mereka? Berkompetisilah dengan orang-orang yang berprestasi. Dengan orang yang hebat. Maka Anda juga akan menjadi hebat. Hidup tanpa kompetisi akan menjadikan Anda lemah, menjadikan Anda tertinggal.

2. Kontrol penggunaan waktu Anda dengan prioritas.

Apakah Anda merasa selalu sibuk dan banyak pekerjaan? Perlu Anda pertanyakan apakah Anda sibuk produktif, atau sibuk mengerjakan detail yang sebenarnya tidak terlalu penting. Kendalikan penggunakan waktu Anda. Ingat kembali Visi,  Misi dan Rencana Besar yang sudah Anda susun. Apakah yang Anda lakukan saat ini menunjang tujuan Anda? Kembali lagi ke teknik awal penggunaan waktu dalam menyelesaikan tugas, kerjakan hal yang penting, tentukan tenggat waktunya. Bila ada waktu sisa, sempurnakan kembali detail, lalu beralih ke tugas selanjutnya.

3. Beri penghargaan pada diri Anda sendiri.

Kita bukan robot, kita manusia. Menjadi manusia efetif bukan berarti Anda harus bekerja dan bekerja tanpa jeda. Ketika Anda sudah melaksanakan tugas anda, project yang besar, tugas yang sulit, berilah konpensasi untuk diri Anda. Lakukan hal yang Anda senangi selama itu hal positif. Pergilah berlibur, bersantailah bersama keluarga. Lakukanlah hobi Anda. Belilah barang yang Anda impikan, makanlah makanan favorit Anda. Rayakanlah bersama teman-teman Anda.

Menjadi Orang Hebat itu menyenangkan, menjadi orang berprestasi adalah suatu tantangan. Tatanglah diri Anda untuk menjadi orang hebat, menjadi orang yang berpresti dan menjadi orang yang bermanfaat. Hargailah kehidupan. Hargailah waktu. Karena waktu ibarat pedang bermata dua. Waktu dapat mengantarkan Anda pada kesuksesan, dan waktu dapat juga menjerumuskan Anda kepada kegagalan. Tidak ada yang salah dengan waktu, tetapi penggunaan waktu yang tepat dan efektif yang akan mengantarkan Anda kepada kesuksesan.



            										

Leave a Reply