Apa yang orang sukses lakukan untuk menjadi Kaya

 

Setiap orang harus punya kemampuan menjual. Itu salah satu syarat untuk kaya. Menjual ide, produk, jasa, atau keahlian. Itu satu hal yang terbersit dipikiran saya beberapa waktu lalu.

Sadarkah Anda, bahwa kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari jual beli. Bila Anda bekerja dikantor, berarti Anda menjual skill yang Anda punya, termasuk waktu untuk mengerjakannya. Demikian juga untuk usaha mandiri (baca: penjual) seperti pedagang pinggir jalan. Mereka menjual produk, dan menggunkan waktu yang mereka miliki dengan berjualan.

Masih hangat di ingatan saya, tentang propaganda entrepreneurship di kehidupan sehari-hari. Orang bilang kalo mau kaya harus punya usaha. Jadi karyawan terus ngga akan bisa kaya. Hm..

Sebenarnya tidak ada yang salah mau jadi karyawan atau mau jadi pengusaha. Semua itu tergantung selera dan mana yang yang dirasa lebih klop di hati. karyawan bokek ada, tapi karyawan happy bergaji tinggi juga banyak (apalagi di Jakarta ini). Pengusaha juga sama, ada yang sukses, ada jua yang tetep bokek, serabutan sana sini, tetep bokek ngutang sana sini.

Pernahkah Anda bermimpi menjadi kaya? Atau sekedar menginginkannya? Saya yakin pernah. Memang kekayaan bukanlah segalanya, tapi saya rasa segalanya jadi terasa lebih mudah kalau ada uang. Pertanyaannya adalah, sudah seberapa siapkah Anda untuk menjadi kaya.

Menurut saya, kaya itu positif. Kaya bisa diartikan kelimpahan. Alangkah bahagianya selain kaya akan harta, juga kaya akan hati. menjadi orang baik, membantu sesama, setidaknya kehidupan kita akan terasa lebih nyaman dan tentram.

Setidaknya, ada tiga hal yang akan bisa menjadi tantangan Anda untuk kaya:

1. Berapa kekayaan yang Anda inginkan

Bila Anda mengatakan sebanyak-banyaknya, berarti tujuan Anda belum spesifik. Hitunglah berapa nominal yang Anda inginkan. Pertanyaan pentingnya adalah, akan Anda gunakan untuk apa kekayaan itu. Jika Anda sudah membuat daftar kebutuhan dan keinginan, maka dengan mudah Anda untuk mengkalkulasi kekayaan yang menjadi target Anda

2. Mulailah membuat rencana Anda untuk kaya

Apapun itu. Bila Anda seorang karyawan, mungkin Anda bisa meningkatkan kinerja dan prestasi agar dapat appraisal gaji ke atasan Anda. Atau kalau sudah mentok gajinya, Anda bisa mempertimbangkan pindah ke perusahaan dengan gaji lebih tinggi.

Bila Anda seorang yang berjiwa entrepreneurship, mulailah menuliskan business plan Anda sekarang juga. Pikirkan produk yang bisa Anda jual, jasa yang bisa Anda jual. Bila Anda belum bisa bikin produk, Anda bisa menjual produk orang lain. Intinya tetap satu, Anda harus punya kemampuan untuk menjual.

3. Tentukan jangka waktu untuk mencapai kekayaan yang Anda targetkan

Satu tahun? Dua atau tiga tahun? Buatlah langkah demi langkah untuk mencapai tujuan Anda. Segala sesuatu yang hebat dimulai dari hal yang sederhana. Mulailah dari hal yang kecil saat ini juga. Rencana hanya akan menjadi sebuah rencana apabila tidak di jalankan. Ambillah tindakan saat ini juga.

Manusia mempunya dua asset besar untuk bisa mencapai semua tujuan dan mimpi-mimpi besarnya. Yang pertama kemampuan untuk berpikir, yang kedua waktu. Manfaatkan kedua asset yang Anda punya. Modal uang, relasi dan pengalaman masih bisa di cari. Tapi waktu yang pergi takkan pernah terganti. Teman saya pernah berkata, hidup ini singkat maka isilah dengan pencapaian-pencapaian yang hebat. Karena hidup Cuma sekali, maka manfaatlah sebaik mungkin untuk kebahagiaan Anda.



            										

Leave a Reply