Arti dari sebuah kata konsistensi

 

Arti dari sebuah kata konsistensi. Kalo dalam kamus saya, konsistensi erat kaitannya dengan semangat atau motivasi. Ngga ada semangat, ngga ada konsistensi, karena lemah semangat adalah musuh terbesar konsistensi. Menjadi pribadi yang self motivated, artinya membuka jalan menuju sebuah konsistensi diri.

Tapi setiap manusia juga konsisten kok, konsisten untuk makan, sekolah, bekerja 😀 he he.. Itu sih kebutuhan. Tapi di situ kita bisa belajar. Orang bisa konsisten untuk sesuatu yang sifatnya kebutuhan atau kewajiban.

Anda menginginkan kehidupan menjadi lebih baik? Pasti semua orang juga mau, termasuk saya. Menginginkan kehidupan yang lebih baik artinya memilih suatu jalan perubahan yang penuh dengan rencana, strategi, evaluasi, dan action juga tentunya. Konsistensi artinya kita membuat jalan mulus untuk melakukan semua action yang kita rancang.

Masalahnya, terkadang manusia terlupa dengan “keinginan” untuk kehidupan yang lebih baik itu. Dan dari sinilah musuh konsistensi itu hadir: kurangnya motivasi yang disebabkan oleh kurangnya rasa kebutuhan atau kewajiban akan hal tersebut. Atau kita rangkum saja dengan kata malas. Segala sesuatu bisa nanti, yang penting hidup dinikmati.

Kabar buruknya, sifat malas manusia bisa menghantarkan ke tengah lautan, sampai pada waktu yang tidak terhingga, terombang-ambing entah kemana.

Mungkin kita punya pembelaan, ah.. hidup itu kan sederhana, yang penting bisa makan, tidur enak, dan bisa tertawa. Memang, tapi apakah hidup semulus itu? Apakah menjamin bahwa manusia tidak akan menghadapi kesulitan hidup, konflik, atau problema? Padahal dari situlah manusia akhirnya mempunyai wacana “menginginkan kehidupan yang lebih baik”.

Hey, kehidupan yang lebih baik itu bukanlah paksaan, bukan serangkaian aktivitas yang membuat kita terus bergerak dan bekerja tanpa henti, tapi kehidupan yang lebih baik itu adalah serangkaian perbaikan pola hidup yang sistematis dan bertahap. Dengan melakukan sesuatu pada tempatnya, dan tepat pada waktunya.

Baiklah, setelah kita sadar bahwa perubahan itu bisa dibawa nyantai, mari kita buat nyantai yang sistematis. Nyantai yang produktif dengan melakukan sesuatu tepat pada waktunya. Niscaya konsistensi akan terjaga. Bukankah segala sesuatu bisa di rencanakan? Bukankah kerja keras yang kita susun juga bisa di iringi dengan relax dan hiburan? Makanya muncul istilah, work hard, play hard.

Bagi saya sendiri, konsistensi itu seperti “flyweel”, sebuah roda yang membawa momentum sehingga dapat menjaga keseimbangannya agar tetap berputar. Dengan berprinsip bahwa, kita tidak akan mendapatkan hasil yang berbeda jika tetap melakukan hal yang sama. Maka mari kita nikmati proses perubahan menuju kehidupan yang lebih baik dengan seksama. Diiringi konsistensi dan semangat yang membuat hati, akal dan pikiran kita selalu dalam kondisi prima.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

Leave a Reply