Bagaimana Cara Untuk Tetap Fokus Dalam Bekerja

Spread the love

 

Kurang fokus atau kurang konsentrasi dapat meenghambat pekerjaan Anda. Penyakit ini banyak dialami semua orang. Memiliki kemampuan untuk fokus akan membrikan keuntungan bagi Anda. Selain pekerjaan menjadi cepat selesai, Anda akan mendapatkan waktu lebih untuk mengerjakan hal lain.

Tetap fokus dalam berkerja dapat meningkatkan produktivitas. Menunjukkan bahwa Anda professional. Namun kemampuan ini juga terbentuk dari sebuah kebiasaan. Berikut bererapa tips yang dapat membantu Anda untuk tetap fokus dalam bekerja:

1. Pastikan tempat kerja Anda selalu rapi. Kerapihan tepat kerja dapat membatu Anda untuk tetap fokus. Tempat kerja yang berantakan kerap kali mudah untuk mengalihkan perhatian Anda. Singkirkan gangguan –gangguan yang membuat Anda tidak fokus.

2. Buat to do list. Buatlah daftar yang akan Anda selesaikan hari ini. Buat perencanaan waktunya dan kerjakan. Salah satu teknik untuk membuat pekerjaan cepat selesai adalah dengan mengkonsep output yang akan Anda hasilkan. Kerjakan dengan segera, penuhi item majornya, dan jangan terlalu terpaku pada detail yang tidak perlu.

3. Atur waktu Anda. Setiap pekerjaan membutuhkan waktu yang realistis untuk diselesaikan. Alokasikan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Pada umumnya, seseorang dapat tetap fokus selalu 90 menit. Maka berkomitmenlah untuk tetap fokus selama 90 menit itu. Jauhkan gangguan seperti telepon, sms, chatting, browsing, dan hal-hal yang dapat mengganggu kionsentrasi Anda. Anda dapat melakukan itu semua pada saat waktu jeda setelah 90 menit Anda bekerja.

4. Buat waktu jeda. Waktu jeda ini penting. Karena konsentrsi terus menerus akan membuat pikiran Anda lelah. Akibatnya konsentrasi Anda menurun. Buatlah waktu jeda yang tepat untuk Anda. Misalnya dengan jeda 10 menit untuk berjalan keliling kantor, meyapa teman, membuat kopi atau mebaca berita. Jadikan waktu jeda Anda menyenangkan.
5. Jangan menunda pekerjaan. Pekerjaan yang ditunda akan membuang waktu Anda dan mengalihkan fokus Anda. Kurangnya motivasi menggoda Anda untuk menunda pekerjaan. Anda merasa pekerjaan Anda berat dan kurang menarik. Pahamilah, pekerjaan tetap pekerjaan, harus segera diselesaikan. Buatlah motivasi bahwa dengan cepat menyelesaikan pekerjaan, makin cepat juga bagi Anda untuk besantai. Jangan menunda pekerjaan karena hanya kan menghabiskan waktu Anda, waktu bersantai Anda
6. Hindari multitasking. Kerjakan satu tugas dalam satu waktu. Megerjakan semua hal dalam satu waktu akan mengacaukan fokus Anda. Anda akan mudah kehilangan orientasi. Selesaikan satu tugas, berikan waktu jeda istirahat, lalu kerjakan tugas selanjutnya. Dengan begitu tugas Anda akan cepat terselesaikan.
Tetap fokus dalam bekerja itu penting. Tetap fokus akan membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Menyelesaikan pekerjaan dengan cepat itu menyenangkan . selain membuat Anda menjadi lebih produktif, Anda memiliki waktu lebih untuk mengerjakan hal lain yang Anda sukai. Berhentilah menunda, tetap fokus dan selesaikan tugas Anda.
Latihlah diri Anda untuk tetap fokus, karena fokus merupakan suatu kehlian. Dan keahlian ini dapat dibentuk dari kebiasaan. Kemampuan tetap fokus dalam bekerja akan membuat Anda lebih professional. Bangunlah motivasi dalam diri Anda untuk menjadi pribadi professional dan jadilah orang hebat.



						

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.