Buanglah sampah pikiran secara teratur

 

Buanglah sampah pikiran secara teratur. Apa itu sampah pikiran? Sampah pikiran adalah hal-hal yang membuat kita gelisah, khawatir, dan tidak tenang. Sampah pikiran bisa berawal dari sebuah masalah, tugas, ataupun pekerjaan yang belum diselesaikan.

Dalam hidup, manusia selalu menghadapi kesulitan, problema, dan konflik. Problema ini yang kadang membuat manusia menjadi murung. Orang menyebutnya dengan, banyak pikiran.

Banyak pikiran sering di identikkan dengan stress, walaupun kita tidak mau dibilang orang strees, namun stress yang tanpa disadari sering hinggap di kepala kita.

Buanglah sampah pikiran secara teratur. Membuang sampah pikiran berarti membebaskan kita dari belenggu hidup. Kadang masalah yang sederhana bisa menjadi rumit, jika sedang banyak pikiran. Sebaliknya, masalah yang rumit bisa menjadi sederhana dan mudah dipecahkan bila dihadapi dengan pikiran terbuka.

Bagaimana cara membuang sampah pikiran secara teratur?

  1. Tuliskan semua masalah dan hal yang menggelisahkan kita. Kadang, suatu masalah tidak akan bisa dipecahkan hanya dengan mengulang terus menerus dikepala kita. Kadang seseorang membutuhkan waktu yang tepat untuk bisa berpikir dengan jernih. Segara tuliskan semua masalah yang mengkhawatirkan, sampai kita tidak akan terlewat satu masalahpun, simpan satu malam, dan pecahkan persoalan besok pagi.
  2. Brainstorming di waktu yang tepat. Semakin banyak ide yang kita buat pada saat brainstorming, makin mudah jalan keluar ditemukan. Yang perlu kita lakukan adalah berpikir diwaktu yang tepat, ditempat yang tepat. Tempat dimana kita bisa menuliskan solusi atas semua persoalan di atas kertas. Sehingga kita bisa memilih solusi terbaik berdasarkan logika, bukan hanya atas dasar emosi.
  3. Hadapi masalah dan jangan lari. Ada masalah yang hanya dibiarkan saja, kemudian bisa selesai sendiri. Ada juga masalah yang membutuhkan tindakan untuk penyelesaian. Segera setelah solusi kita dapatkan, selesaikan masalah itu satu persatu satu. Langkah demi langkah. Dimulai dari yang paling mudah. Kadang menyelesaikan banyak masalah disatu waktu yang membuat kita merasa berat.

Manusia beruntung, memiliki akal yang dapat digunakan untuk berpikir, memiliki emosi sebagai penyeimbang, dan kemampuan untuk bergerak dinamis.

Karena dengan berpikir dan bergerak, masalah bisa dihadapi. Hindari boot loop dalam berpikir karena banyak nya sampah dikepala kita. Segera tuliskan, brainstorming solusi di saat yang tepat, lalu hadapi dan selesaikan satu persatu.

Jadilah pribadi yang mengendalikan kehidupan, bukan orang yang hanyut oleh arus kehidupan dan kondisi lingkungan.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

3 Comments

  1. Emak Gaoel January 3, 2016
    • Eko Sarwono January 4, 2016
  2. Saffroel January 11, 2016

Leave a Reply