Cara Embed dan meresize video Youtube di Postingan

Spread the love

Postingan akan terasa lebih menarik apabila ada multi media yang mendukung, misal dengan adanya gambar atau video. Di WordPress sendiri tidak ada fasilitas tombol untuk embed video dari youtube secara langsung, sehingga kita harus  memasukkannya sendiri secara manual.

Untuk menambahkan video dipostingan, cukup dengan mengambil kode embed dari youtube. Sehingga video bisa ditampilkan dengan memasukkan kode embed tersebut dipostingan. Untuk me-resize ukuran video, kita perlu mengatur kembali resolusi pixel video. Sehingga dapat disesuaikan dengan layout postingan.

Berikut tutorial untuk meng-embed dan me-resize video dari youtube:

1. Langkah pertama, buka youtube dan pilih video yang akan ditampilkan, klik share, lalu embed, disana akan muncul kode embed. Silahkan dicopy untuk nantinya dimasukkan ke postingan.

7
Klik share, lalu embed, disana akan muncul kode embed

2. Buka new post di WordPress, lalu kemudian ubah mode edit dari visual ke mode text.

Silahkan masukkan kode embed dari youtube disini. Berikut contoh code video yang akan di embed:

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/HyLquKn3Swc” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

8
Ubah mode edit dari visual ke mode text.

3. Untuk melihat hasil tampilan, silahkan publish lalu view post. Maka video akan muncul di postingan.

4. Sebelum kita edit, maka ukuran video akan menyesuaikan dengan default dari youtube. Untuk me-resize, maka kita perlu memodifikasinya sedikit. Cukup edit bagian “width” dan “height” untuk merubah resolusi video. Misalnya saya ubah resolusi menjadi 600x 380 sebagai berikut:

<iframe width=”650″ height=”380″ src=https://www.youtube.com/embed/HyLquKn3Swc

Maka tampilan akan menyesuikan dengan resolusi yang kita ubah.

Berikut tampilan video setelah kita ubah resolusinya:

Kode embed dari youtube juga bisa kita tampilkan ditempat lain, misalkan pada sidebar widget,  klik appearance > widget lalu masukkan text. Input code embed video youtube di kolom text ini, lalu save. Jangan lupa untuk merubah resolusi video agar sesuai dengan layout sidebar.

Berikut tampilan video youtube yang sudah di embed disidebar:

11
Tampilan video di sidebar setelah di resize

Demikian tutorial embed video youtube ke postingan dan cara me-resizenya. Dengan menambahkan video dipostingan akan membuat tampilan artikel lebih menarik dan membuat pengunjung lebih berlama-lama dihalaman blog anda. Semoga bermanfaat.