Cara melawan Jam Biologis

Spread the love

Breaking the habit. Saya teringat kembali akan sebuah istilah yang lama tersimpan dalam memory berdebu ingatan saya. Percayakah Anda, bahwa perilaku manusia setiap hari dibentuk oleh kebiasaan? Kita tidak tidak sedang berbicara tentang rutinitas yang kita lakukan setiap hari. Tapi kita ingin membahas tentang cara baru dalam melakukan rutinitas yang akan membentuk kebiasaan baru yang positif dalam kiri kita.

Manusia memiliki jam biologis. Kapan terasa mengantuk lalu kemudian tertidur, kapan otomatis terbangun, dan jam berapa Anda berangkat untuk bekerja. Dan sungguh ajaib, jam biologis ini berjalan secara otomatis mengatur keseharian kita.

Namun terkadang, tidak semua jam biologis itu baik. Misalnya, bagi orang yang terbiasa tidur larut, akan sulit tidur sebelum larut. Walaupun dipaksakan akan terasa sulit. Begitu juga dengan jam bangun. Saat kita tidak terbiasa bangun pagi, maka pada saat kita mencoba bangun pagi, seharian kita akan terasa mengantuk, seolah ada waktu tidur yang hilang.

Breaking the habit bisa menjadi sesuatu yang positif untuk berhenti dari kebiasaan lama yang kontraproduktif, untuk membentuk kebiasaan baru yang lebih produktif. Namun melakukannya secara mendadak akan melanggar siklus biologis dan yang membuat fisik tidak nyaman.

Berikut tiga tips mudah untuk membentuk sebuah kebiasaan baru:

1. Pastikan Anda memiliki motivasi yang cukup untuk memulai kebiasaan baru. Motivasi mutlak diperlukan, karena motivasi yang menggerakkan kita untuk melakukan sesuatu hal. Tanpa motivasi, akan sulit membentuk kebiasaan baru. Motivasi di dapat ketika kita menyadari manfaat atau sisi positif dari suatu hal.

2. Pakai aturan 10 menit. Bangun 10 menit lebih awal dari biasanya, 10 menit sampai lebih cepat di tempat kerja untuk planing pekerjaan. 10 menit untuk untuk mengevaluasi pekerjaan. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam waktu 10 menit.

3. Ciptakan perubahan secara bertahap. Melakukan perubahan untuk sebuah kebiasaan artinya kita keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman adalah sebuah tantangan baru yang kadang membuat tidak nyaman karena belum terbiasa.

Kalo kita bertanya, mungkinkah memulai suatu kebiasaan baru yang efektif, jawabannya adalah Tidak Mungkin. Tidak mungkin apabila Anda tidak memulainya. Apabila Anda tidak memiliki motivasi yang kuat untuk melakukannya.

Memperluas zona nyaman dengan memulai kebiasaan baru adalah sebuah proses. Dimana awalnya mungkin sulit, namun lama-lama menjadi sebuah zona nyaman baru untuk kita.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.