Cara membuat gambar judul ilustrasi posting yang keren

Spread the love
Cara membuat gambar judul ilustrasi posting yang keren
Cara membuat gambar judul ilustrasi posting yang keren

Cara membuat gambar ilustrasi posting yang keren. Gambar adalah salah satu komponen penting dalam penulisan artikel. Baik digunakan sebagai featured image ataupun gambar ilustrasi. Maka tidak heran ada istilah bahwa one picture is equal with more than a thousand word. Selain itu juga image membuat postingan kita lebih menarik dan tidak flat disbanding hanya dengan menggunkana kalimat atau paragraph saja.

Namun terkadang, menyisipkan gambar di postingan sering terkendala hak cipta. Mungkin kita bisa saja tidak peduli dengan cara comot gambar sana sini. Tapi, menurut etika, lebih baik jika kita menggunakan gambar dengan seizing yang empunya, dan memberikan link credit kepada sumbernya.

Kalau saya pribadi, lebih suka menggunakan gambar dengan lisensi CCO sebagai ilustrasi. CCO liscence artinya Free for personal and commercial use, and No attribution required. Sehingga kita bisa bebas menampilkan, memodifikasi dan menggunakan gambar sesuai dengan kebutuhan kita.

Tapi buat saya, menampilkan gambar saja tidak cukup. Untuk membuat gambar ilustrasi lebih menarik, saya lebih suka menambahkan kalinat atau kata-kata sesuai dengan judul postingan. Selain itu juga kita bisa menambahkan identitas atau watermark blog kita di gambar tersebut.

Berikut cara membuat gambar ilustrasi posting agar lebih menarik:

Untuk mendapatkan gambar dengan lisensi CCO, bisa diambil dari Pexels.com. Sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan gambar dengan lisensi CCO, misalkan tookapic.com, kaboompics.comunsplash.com. Tetapi saya sudah terbiasa menggunakan pexels karena kemudahannya untuk mendownload gambar dengan beberapa pilihan resolusi.

Pexels elfaviona

Misalnya, sebagai contoh saya download gambar dari pexels dengan resolusi 640 x 426 seperti gambar berikut ini:

download gambar dari pexlesSetelah gambar saya download, waktunya untuk memberi ilustrasi judul pada gambar, Silahkan buka Canva.com. Untuk mempermudah registrasi, bisa dengan menggunakan connect with facebook, atau dengan sign in with google.

cara menggunakan canva

Menurut saya, canva ini adalah aplikasi yang paling keren untuk mendesain gambar ilustrasi, tanpa harus menjadi master dalam bidang design grafik. Karena di aplikasi ini sudah disediakan template siap pakai gratis.

memilih template canva elfaviona

Tinggal pilih template yang diinginkan, disini kita bisa mengupload gambar, merubah layout, menambahkan elemen, menambahkan text, ataupun mengganti background.

berkreasi dengan canva

Bagaimana menurut Anda, mudah bukan? Dengan menggunakan template dari canva, akan menghemat waktu kita untuk membuat ilustrasi gambar judul yang keren. Dikombinasikan dengan gambar dari pexels, maka kita tidak perlu lagi memusingkan masalah lisensi.

Happy Blogging All! Semoga bermanfaat 😀

 

3 Comments


  1. Wow…

    akhirnya nemu yang benar-benar gratis dan tanpa license yang artinya tidak bisa dimengerti dengan jelas..

    terimakasih untuk infonya..

    great article..

    saya juga pengguna canva..
    i love it..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.