Cara mendapat hosting email gratis untuk domain sendiri

Spread the love
Cara mendapat hosting email gratis untuk domain sendiri
Cara mendapat hosting email gratis untuk domain sendiri

Cara mendapat hosting email gratis untuk domain sendiri. Akhir-akhir ini, kebutuhan alamat email dengan domain sendiri semakin meningkat, terutama bagi para pebinis online. Memiliki email pribadi dengan nama domain sendiri dapat meningkatkan kredibilitas di mata customer.

Namun seringkali fasilitas email dengan domain sendiri membutuhkan alokasi hosting email yang harganya tidak murah. Fasilitas hosting email gratis bisa menjadi alternatif bagi para pemula di bisnis online, sehingga bisa memiliki alamat email domain sendiri, namun bisa menekan anggaran pada awal-awal memulai bisnis online.

Untuk artikel kali ini saya akan menjelaskan tutorial cara mendapatkan hosting email gratis dengan domain sendiri dengan kapasitas email 5 GB.

  • Pertama, silahkan buka website free email hosting Zoho. Zoho merupakan salah satu penyedia email hosting berbayar dengan beberapa paket penawaran. Beruntungnya, disini kita bisa mencoba paket gratisnya sebesar 5 GB.

paket penawaran zoho

Pilih, paket free, lalu klik sign up. Silahkan masukan alamat domain yang Anda miliki. Lalu klik add domain.

halaman sign up

Disini kita diminta basic info berupa nama, alamat email yang akan dibuat, password, dan existing kontak email.

input basic info elfaviona

 

Setelah melalui berapa tahapan di atas, waktunya kita setting hosting. Dalam kasus ini, kita memerlukan akses ke hosting yang dipakai oleh alamat domain kita untuk keperluan DNS Zone dan Entry MX. Klik menu setup domain in zoho.

sign up success

Langkah pertama, kita harus verify dulu kepemilikan domain yang kita miliki. Untuk pengguna cpanel, silahkan¬†Select your domain’s DNS Manager (DNS Hosting provider) from the list: cpanel. Maka anda akan di berikan instruksi untuk¬†Update CNAME for verification – cPanel.

Langkah pertama masuk ke cpanel, pilih menu simple DNS editor untuk menambahkan CNAME

cpanel1a

Silahkan tambahkan CNAME record yang di berikan oleh zoho, lalu kemudian klik verify by CNAME

cpanel2

Langkah selanjutnya kita harus mengkonfigurasi MX Record untuk Zoho. Pilih menu MX entry di Cpanel, dan tambahkan MX record dari Zoho.

cpanel3

 

mx record

Pastikan hanya ada 2 mx record dari zoho untuk remote email exchanger, guna menghindari terjadinya konflik pada incoming/outgoing email.

Langkah terakhir kita tinggal menkonfigurasi email client, misalnya untuk email client outlook, bisa lihat panduan seting IMAP di sini, dan seting POP di sini.

mail configuration

Untuk login webmail via browser, bisa login melalui login webmail zoho di sini.

halaman email zoho

Selamat, akhirnya Anda bisa memiliki hosting email dengan alamat domain Anda sendiri. Bebas biaya bulanan. Fasilitas hosting gratis ini bisa digunakan untuk satu domain, dengan 10 user dengan kapasitas email 5 GB/user. Tersedia juga menu pilihan upgrade berbayar jika kita menginginkan kapitas penyimpanan yang lebih dan multiple alamat domain.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.