Cara mengisi waktu luang di tempat kerja

Spread the love

 

Mungkin kasus ini terjadi pada karyawan yang sering ngerjain projek. Ritme bekerja ngga selamanya datar, kadang saat load kerjaan lagi tinggi, maka sibuknya luar biasa. Tapi pas kerjaan lagi low, maka akan ada banyak waktu luang dalam keseharian kita.

Terlalu banyak kerjaan bisa bikin stress. Sebaliknya, ngga ada kerjaan juga bisa bikin stress. Stress karena jenuh dan kebosanan. Ada baiknya disaat waktu luang ngga ada kerjaan di isi dengan berbagai kegiatan yang positif. Tapi hal ini bergantung pada kondisi ditiap tempat kerja, apakah memungkinkan untuk hal itu.

Jadi, selain bisa menghilangkan rasa bosan dan jenuh, juga bermanfaat untuk diri kita sendiri. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan pada saat waktu luang ngga ada kerjaan:

  1. Mengerjakan hobi. Tentunya hobi yang bisa dilakukan di tempat kerja, misalnya menulis. Menulis diwaktu luang bisa meningkatkan produktivitas kita. Mungkin ada diantara Anda yang memiliki cita-cita ingin menerbitkan sebuah novel. Atau blogger yang ingin sekali mencapai 1000 postingan.
  2. Mempelajari ilmu baru. Waktu luang diantara jam kerja bisa digunakan untuk mempelajari ilmu baru. Baik itu ilmu yang berkaitan dengan pekerjaan, maupun ilmu lain yang sesuai dengan minat kita. Mempelajari ilmu baru akan meningkatkan wawasan yang juga bermanfaat untuk kita. Misalkan dengan belajar bahasa asing, akan membuat kita bernilai plus karena memiliki kemampuan beberapa bahasa.
  3. Sharing knowledge. Bisa jadi dalam satu tim atau divisi juga memang lagi low kerjaan. Kita bisa menawarkan diri untuk presentasi sharing knowledge yang berhubungan dengan pekerjaan. Sehingga kita bisa memiliki wadah yang pas untuk berdiskusi, dan menambah kekompakan tim.
  4. Mengerjakan kerjaan sampingan. Tentunya yang bisa dilakukan dari kantor. Memang terdengar kurang bijak ngerjain kerjaan lain di jam kantor. Tapi lebih tidak produktif lagi kalo kita ngga mengerjakan apa-apa.
  5. Membantu kerjaan orang lain. Sesuai dengan kemampuan kita tentunya. Jangan berpikir hal ini akan merugikan kita. Membantu pekerjaan orang lain lebih bermanfaat untuk interaksi sosial kita. Lagi pula, bisa jadi orang itu yang akan balik membantu kita dimasa yang akan datang.

Ngga ada kerjaan bukan berarti harus jenuh. Banyak hal lain yang bisa kita kerjakan. Hal yang bermanfaat yang membuat kita bisa berpikir dan bermanfaat untuk orang lain. Terkadang rasa stress itu muncul disaat kita benar-benar tidak berpikir.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.