Cara menyembunyikan link affiliate ngga pake ribet

Spread the love
Cara menyembunyikan link affiliate ngga pake ribet
Cara menyembunyikan link affiliate ngga pake ribet

Postingan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. Setelah sekian lama berkutat mencari cara efektif menyembunyikan link affiliate akhinya saya menemukan cara yang paling praktis. Ngga pake ribet, kaya ribetnya ibu-ibu mau kondangan.

Kenapa link affiliate perlu di sembunyikan? Bukannya kita mau rahasia-rahasiaan, tapi rasanya kurang nyaman pas kita jadi mau jadi affiliater professional dengan metode link text, pas di mouse over keluar keterangan: www.domainjualan.com/aff?=123456789. Banyak yang mempertanyakan embel-embel angka aff yang berderet yang semacam janggal itu. Akhirnya visitor membuka tab baru dan ketik manual domainjualan.com. Yang artinya: Your affiliate link does not work Guys!

Ada cara lain untuk menyembunyikan link affiliate? Jawabannya banyak. Ada banyak cara missal dengan menggunakan URL shortner semacam bitly ataupun googl. Caranya cukup mudah, tinggal masukan alamat web yang akan di hide, lalu tekan short URL. Maka tampilannya akan seperti ini: http://bit.ly/1mFjbPo, atau ini: http://goo.gl/mhHGEg.

Namun kembali terpikir di benak saya, kok ya kurang bonafid, menggunakan URL shortner dengan menggunakan domain lain. Keinginan saya cukup simple, saya ingin membuat URL redirect dengan menggunakan domain saya sendiri.

Kabar gembira untuk pengguna wordpress self-host, akhirnya saya menemukan jawabannya. Cukup menggunakan plugin, maka saya dapat menyembunyikan link affiliate saya dengan menggunakan domain sendiri ngga pake ribet.

Berikut cara cara menyembunyikan link affiliate ngga pake ribet:

  • Login ke wordpress self-host Anda, klik plugins > add new, search: pretty link, lalu install

pretty link elfaviona

  • Selesai install, silahkan  klik menu pretty link di panel kiri wordpress, lalu create a pretty link. Sebagai contoh saya ingin membuat link affililiate berupa produk kerudung motif bunga dari website domainjualankerudung.com. Masukan link affiliate yang kita dapat, lalu buat judul link affiliate baru, misalnya elfaviona.xyz/kerudung-motif-bunga.

contoh affiliate link

  • Akhinya..! Saya punya link affiliate dengan domain saya sendiri dengan URL http://www. elfaviona.xyz/kerudung-motif-bunga. Terlihat lebih bonafid dan ngga bikin pusing. Selain itu juga meningkatkan kredibilitas kita, dibanding menggunakan URL shortner yang kurang familoiar bagi pengunjung.

Hot trick!

Untuk mempermudah membuat link affiliate, pretty link bisa di akses langsung dari menu Dashboard. Tinggal klik dashboard, maka akan muncul menu pretty link dengan tampilan yang lebih simple.

pretty link dashboardMenggunakan wordpress self host memberi banyak keuntungan dengan banyaknya dukungan plugin yang tersedia. Hal ini yang membuat saya selalu menggunakan wordpress self host, walaupun memerlukan biaya tersendiri untuk sewa hosting. Selalu ada kekurangan dan kelebihan baik itu menggunakan wordpress.com ataupun dengan wordpress self host.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.