Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Buruk

Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Buruk. Setiap orang memiliki kebiasaan buruk. Atau setidaknya kebiasaan yang tidak dia sukai. Mungkin sudah beberapa kali mencoba untuk berhenti, namun tetap saja rasanya sulit. Rasanya seperti berada di dalam jebakan tanpa jalan keluar.

Kebiasaan buruk bisa berupa harl-hal anti produktif di dalam kehidupan, bisa berdampak buruk, atau bahkan merugikan diri kita. Merugikan kesehatan kita, keuangan kita serta kehidupan kita jangka panjang.

Misalnya merokok, mungkin beberapa orang menganggapnya baik untuk semangat, baik untuk menjaga mood. Semangat serta mood ini baik untuk produktivitas. Namun tetap saja kebiasaan merokok sedikit demi sedikit akan berpengaruh negatif terhadap kesehatan. Jarang ada penelitian yang menyebutkan merokok itu baik untuk kesehatan.

Apa yang menyebabkan orang memiliki kebiasaan buruk? Jawabannya adalah repetisi atau pengulangan. Repetisi dan pengulangan ini akan menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan akan nenjadi katakter yang terkadang sering dilakukan secara bawah sadar.

Penyebab kedua dari kebiasaan buruk yaitu pengaruh lingkungan. Kondisi lingkungan berpengaruh besar terhadap psikologis kita. Kebiasaan bisa terbentuk dari kondisi atau kebiasaan lingkungan yang mendukung. Sehingga akan terasa aneh jika kita berbeda dengan lingkungan.

Berikut 5 cara mudah untuk berhenti dari kebiasaan buruk:

  1. Diperlukan komitmen. Komitmen bisa terbentuk dari kesadaran kita akan efek negatif dari kebiasaan buruk yang kita lakukan. Dampak negatif yang merugikan akan membuat kita berpikir dua kali. Sifat dasar manusia itu mengejar nikmat dan menghindari sengsara. Jika kesengsaraan itu adalah akibat dari kebiasaan buruk, maka kita pasti bisa menghindarinya.
  2. Miliki keyakinan bahwa kita bisa berubah. Komitmen bisa menumbuhkan keyakinan yang kuat. Kebiasaan buruk erat kaitannya dengan psikologis. Memiliki keyakinan yang kuat akan membuat psikologis kita lebih bersemangat untuk berhenti dari kebiasaan buruk.
  3. Hindari lingkungan yang memicu kita melakukan kebiasaan buruk. Rasanya sulit menghentikan kebiasaan buruk jika kita masih berada di lingkungan yang sama. Ada harga yang harus dibayar untuk sebuah perubahan. Mencari kondisi lingkungan yang baru dan kondusif membantu kita untuk bisa berubah lebih mudah.
  4. Ganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan lain. Misalnya jika kita ingin berhenti dari kebiasaan merokok, kita bisa menggantinya dengan kebiasaan memakan buah-buahan segar. Walaupun dua-duanya perlu biasa dan sama-sama harus dibeli, namun mengkonsumsi buah-buahan jauh lebih baik dari pada merokok. Bahkan mengkonsumsi buah-buahan bermanfaat untuk kesehatan.
  5. Berdo’a. Jika kebiasaan buruk kita dirasa terlalu akut, maka dengan berdo’a bisa memberi kita kekuatan. Bukan dengan cara berdo’a saja, namun usaha-usaha untuk berhenti dari kebiasaan buruk harus tetap dilakukan. Ada energi positif dari setiap do’a yang membuat hati kita lebih tenang dan lebih yakin untuk bisa berhenti dari kebiasaan buruk.

Hidup itu pilihan. Memang benar hidup itu pilihan. Maka pilihlah hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk diri kita. Karena hidup itu sekali, maka jadikanlah hidup itu berkualitas. Suatu saat kita akan merasa bangga ketika kita berhasil menghentikan kebiasaan buruk dan telah berusaha yang terbaik dalam kehidupan.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen dikolom komentar 😀

3 Comments

  1. dennyaditia December 3, 2015
  2. Jefry Dewangga December 3, 2015
  3. mesatrio December 13, 2015

Leave a Reply