Dilema Kehidupan Mainstream

 

Saya menyebutnya sebagai hidup apa adanya. Tanpa ada perencanaan, mengalir begitu saja. Tapi memang begitulah defaultnya hidup. Hidup untuk sekedar bekerja, makan, dan tidur. Mungkin dengan beberapa hiburan dihari minggu.

Hari kemarin, saya bertanya dalam hati, siapakah orang yang menikmati hidup? Jawaban yang saya dapat, orang yang bahagia adalah orang yang menikmati hidup. Banyak saya menemukan kasus dimana ketidak bahagiaan berasal dari rasa kekurangan. kekurangan materi, tidak punya ini dan itu, tidak seperti orang lain, dan banyak lagi.

Kembali saya berpikir, hei, nampaknya materi itu bukan ukuran kebahagiaan. banyak orang hidup berkecukupan namun belum bahagia, dan banyak juga orang yang menurut kita penu kekurangan, tapi dia merasa hidupnya sudah sangat bahagia. Hm.. bagaimana cara mengedukasi orang tentang fakta tersebut.

Oke, kehidupan itu memang harus ada peningkatan, tapi bukan berarti harus stress dong. Salah satunya dengan adanya ketidaksabaran. Ingin ini ingin itu, punya ini punya itu, andai manusia tahu bahwa proses merupakan sorotan utama dalam hidup. dan hasil itu adalah efek samping.

Tapi tidak apa. setidaknya meningkatkan hidup adalah suatu alarm, agar manusia selalu menjadi lebih baik dari hari ke hari. Oke, sekarang mari kita bahas, bahagimana kehidupan yang anti mainstream itu.l

1. Dont think like other

Manusia merasa bahwa umur mereka panjang. hasilnya, terjebak dalam rutinitas. bagaimana bila kita berpikir bahwa hidup itu terbatas. hanya tiga bulan kedepan. well, nampaknya ide bagus kalo kita memanfatkan waktu sebaik mungkin. rencana apa yang bisa anda tulis untuk kehidupan hanya untuk 3 bulan. perencanaan keuangan? kehidupan lebih baik? meningkatkan kesehatan spiritual?

2. Buat rencana hidup yang joss

Menjadi miliarder tahun depan! bisa sih, tapi tentunya butuh effort yang tinggi. pertanyaannya adalah, siapkah anda dengan effort itu? saya lebih suka tujuan yang measureable, dapat di ukur. Menabung 200juta setahun lebih logis dan ngga bikin cape dari pada jadi jadi miliarder tahun depan.

3. Syukuri yang anda miliki

ini yang sering orang lupa. percayalah, setiap orang memiliki sesuatu untuk disyukuri. minimal kesehatan, fasilitas udara, bisa berbaur dengan orang, tempat tinggal untuk berteduh, keluarga disekitar kita. bagi saya, hidup terasa feel good saat masih ada kesempatan untuk beribadah kepada Tuhan.

Menjadi orang bahagia adalah suatu perjalanan, teka-teki yang perlu di renungkan. kuncinya adalah menikmati hidup dan mensyukurinya. Buatlah rencana untuk hidup anda. buatlah sebuah profil dimana anda bisa menjadi seseorang yang bermanfaat, menginspirasi, dan menjadi bahagia. kebahagiaan ada disekitar kita,namun jarang disadari.

Leave a Reply