Hikmah dan Manfaat Dalam Berqurban Saat Idul Adha

Spread the love
Image Credit: jogja.semberani.com

Qurban merupakan salah satu amal ibadah yang arus kita amalkan untuk bekal di akhirat nanti yang dilaksanakan setahun sekali dan disebut dengan Idul Adha.  Ketika hari raya tersebut umat muslim merayakan kemenangan dengan cara berqurban. Ibadah qurban ini dilaksanakan di bulan dzulhijjah yaitu ketika tanggal 10 dzulhijjah.

Ketika hari itu umat muslim dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban sesuai peraturan Alloh dalam rangka taqarrub pada Allah Ta’ala.  Selain berqurban dijalankan untuk mengharapkan ridho Allah, ibadah qurban ini juga memiliki banyak hikmah dan juga manfaat.

Hikmah dan Manfaat Dalam Berqurban

kambing untuk qurban
Image Credit: Dream.co.id

1) Menempatkan Rasa Cinta Pada Allah SWT

Allah telah memerintahkan umat muslim untuk berqurban di hari raya idul adha. Sesuatu yang dikorbankan pastinya merupakan barang/sesuatu yang sangat dicintai atau yang disukai. Oleh sebab itu ini menunjukkan bahwa Allah sedang menguji apakah seorang hamba itu benar atau sudah sungguh-sungguh mencintai Allah diatas segalanya, dan mau mengorbankan apa saja yang dicintainya hanya untuk Allah SWT. Kemudian juga untuk menegaskan jika Allah merupakan pemilik semuanya termasuk apa-apa yang ada atau yang dititipkan pada seluruh umat manusia.

2) Memperoleh Ketaqwaan

Seluruh umat manusia yang hidup di dunia harus mencari bekal taqwa untuk keselamatan di akhiratnya nanti. Caranya yaitu dengan menjalankan perintah Tuhan, serta menjauhi larangan-Nya. Umat islam yang taqwa kepada Allah pasti akan selalu menyadari jika dirinya merupakan hamba dari Tuhannya yang harus taat dengan apa yang diperintahkan. Berqurban juga termasuk ibadah sebagai bentuk ketaatan dan tunduk atas perintah  Allah SWT.

3) Sarana Mendekatkan Diri pada Tuhan

Hikmah dan manfaat qurban bisa menjadikan kita semakin dekat dengan Allah. Seiring dengan bertambahnya usia maka kematian juga akan semakin dekat. Jadi perjumpaan manusia dengan Tuhan juga akan menjadi semakin dekat. Dan dengan beribadah qurban minimal bisa menjadikan ingat pada akhirnya berjumpa dengan Allah dalam kebaikan.

4) Mengharapkan Kesucian Diri dan Hartanya

Setiap kebaikan merupakan sedekah, dan sedekah itu bisa untuk mensucikan diri dan harta. Ibadah Qurban merupakan amal kebaikan yang sangat disukai Allah di Hari Raya Idul Adha.

5) Sebagai Penebus Dosa

Dengan berquban maka bisa mengampuni dosa sosa dari orang yang berqurban.  Setiap tetesan darah yang menyentuh tanah akan menghapus dosa dosa dari orang yang beribadah qurban.

6) Memupuk Sifat Mahmudah

Melaksanakan ibadah qurban bisa menjadikan seseorang bertambah rasa ketaatan atas perintah Allah SWT. Bisa juga untuk menambah rasa syukur, dan lainnya. Selain itu juga bisa menghilangkan sifat tercela seperti terlalu cinta dunia, kikir, pelit, sombong, dendam, dan lain sebagainya.

7) Meningkatkan Kasih Sayang

Dengan beribadah qurban ternyata hikmahnya bisa meningkatkan kasih sayang. Terlebih lagi untuk yang kaya dan miskin, bisa juga meningkatkan rasa kerukunan dengan cara saling berbagi daging qurban kepada siapa saja yang mau menerima dan juga yang lebih membutuhkan.

8) Banyak Pahala yang Mengalir

Menyembelih hewan qurban adalah ibadah yang dicintai oleh Allah. Perlu anda ketahui jika hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya.

Semuanya akan memintakan ampun kita kepada Allah.  Bahkan Allah SWT sudah menuliskan pahala orang yang berqurban sebelum darah hewan yang disembelih jatuh menyentuh tanah. Bahkan ketika hari kiamat nanti hewan hewan qurban tersebut akan menjadi tunggangan kalian semua dan bebas dari siksa panasnya api neraka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.