Ide Menjadi Penulis

Spread the love

 

Terkadang saya tertarik untuk menjadi penulis. nampaknya ada satu kecerdasan di otak manusia yang mengatur hal tersebut. kucoba menulis 15 menit, dan hasilnya adalah 2 paragraf yang kurang dari setengah halaman. Alur mulai ngalor ngidul dan kehilangan arah penyampaian.

Akhirnya saya menyadari, apapun keahlian itu butuh latihan. terkadang saya berpikir adakah satu cara termudah untuk mendalami suatu spesialisasi? yang bisa di pelajari satu jam misalnya, dan tadaa, saya menjadi expert dalam hal tersebut. rasanya mustahil. semua butuh proses dan konsistensi.

Terkadang saya tergoda untuk memiliki profesi penulis secara full time. memang ada kelebihan disitu. memiliki kebebasan waktu, jam kerja lebih fleksibel, dan bisa pergi kemanapun untuk mencari inspirasi. Tapi dibalik itu rintangannya juga banyak. terutama masalah distraksi. banyak hal yang mengalihkan perhatian.

Baiklah, mungkin aku bukan tipe orang yang bisa full time sebagai penulis. Tapi aku bisa menjadikannya sebagai suatu hobi. Berikut keahlian penulis yang menurut saya amazing dan ingin saya pelajari.

1. Penulis pandai memilih topik yang menarik
Yang rasanya mungkin tidak terpikir oleh kebanyakan orang. Menurut saya menulis itu salah satu aktivitas seni. dimana ada proses brainstorming dan pemunculan ide disitu. yang artinya, menulis adalah pekerjaan yang mengeksplore kreativitas.

2. Penulis pandai membuat sistematika penulisan
Dari satu judul berkembang menjadi 10 bab. dari satu bab berkembang menjadi lima sub bab. melahirkan ratusan dan ribuan paragraf. rasanya penulis dan pernah kehabisan kata untuk menuangkan ide pemikirannya dalam bentuk tulisan

3. Cepat menuangkan ide dalam bentuk tulisan
Saya menyebutnnya seperti memainkan alat musik. Mengetik diatas keyboard bagaikan memainkan alunan musik piano dengan penuh harmoni. sedangkan saya masih mengetik dengan empat jari dan (agak) lambat. kendala yang sering terjadi ide keburu hilang sebelum dituangkan dalam bentuk tulisan.

Menurut saya menulis itu menyenangkan. semacam merekreasikan pikiran. mendokumentasikan ide yang berterbangan. Bagaikan memainkan instrument musik. Mungkin ide terbaik untuk saya adalah menjadikan menulis sebagai sebuah hobi, bukan sebagai pekerjaan utama. Dan saya yakin suatu saat saya benar-benar bisa menjadi penulis yang beken.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.