Introspeksi Sebelum Dikritik Orang Lain

Spread the love

 

Introspeksi diri sangat penting untuk dilakukan karena dengan cara itu, kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Selain itu, dengan hal tersebut kita bisa tahu apa kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita sendiri.

Mengapa introspeksi diri sangat penting untuk dilakukan? Jawabannya adalah apakah anda pernah dikritik oleh orang lain? Kritik dari orang lain bisa diartikan menjadi dua hal, yang pertama adalah kritikan yang diterima secara positif dan kritikan yang diterima secara negatif. Apa perbedaan dari kedua hal tersebut?

Kritikan positif dan negatif

Kritikan yang diterima secara positif adalah ketika anda sedang dikritik dan anda menanggapinya dengan positif juga. Maksudnya adalah saat anda sedang dikritik orang, anda menanggapi bahwa kritikan orang tersebut merupakan motivasi untuk anda bisa menjadi lebih baik lagi.

Sedangkan jika ketika anda sedang dikritik orang tetapi anda menanggapinya dengan marah – marah dan juga berpendapat bahwa orang tersebut tidak menyukai anda, hal itu merupakan kritikan yang diterima secara negatif.

Karena anda merasa sakit hati dengan kritikan orang tersebut. Untuk itu kita lebih baik mengkritik diri kita sendiri agar nantinya tidak dikritik orang lain meskipun ada sedikit dari kita yang dikritik orang lain. Dengan kita memperbaiki diri kita, tentu saja akan lebih baik.

Menjadi yang lebih baik

Sebagian besar orang berpendapat bahwa memperbaiki diri sendiri itu sangat sulit. Hal itu memang benar untuk itulah kita harus belajar untuk memperbaiki diri kita sendiri sebelum dikritik orang lain. Ada sebagian orang juga berpendapat bahwa lebih mudah dikritik orang, tetapi dengan hal itu kita tidak dibenarkan, karena kita juga harus berusaha sendiri untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.