Kemampuan untuk Memotivasi Diri

Spread the love

 

Setiap orang hebat memiliki kemampuan untuk memotivasi diri. Motivasi dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Kemampuan untuk memotivasi diri diperlukan terutama ketika menghadapi permasalahan atau kesulitan dalam hidup.

Mungkin setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam memotivasi diri. Mungkin setiap orang memiliki selera yang berbeda. Tapi tujuannya tetap sama, yaitu membuat diri kita tetap bersemangat. Berikut beberapa hal sederhana yang dapat membangkitkan motivasi:

1. Membaca buku motivasi. Tentu saja, bukan dengan membaca buku horor atau buku lainnya. Saya menyebutnya dengan makanan mental. Buat saya, membaca itu seperti mengaktifkan beberapa neuron di otak saya. Bahasa kerennya expanding mind. Pikiran terasa lebih lapang dan terbuka.

2. Mendengarkan musik. Entah perasaan saya atau apa, setidaknya dengan mendengarkan musik membuat saya lebih bersemangat. Mungkin irama dalam alunan musik dapat mengatur kembali tatanan perasaan yang mungkin tidak beraturan. Seperti ada energi yang diberikan oleh alunan musik.

3. Mereview kembali tujuan hidup. Mungkin hilangnya motivasi itu karena kita terjebak di dalam rutinitas, yang mematikan kreativitas, membuat jenuh dan menimbulkan kebosanan. Mereview kembali tujuan dapat mengingatkan kembali saat kita keluar dari track, atau melakukan hal-hal yang tidak menunjang tujuan hidup.

4. Mandi air hangat. Saya menyebutnya dengan relaksasi. Saya merasa air itu memang memiliki kekuatan. Kekuatan kembali untuk membangkitkan kembali saat energi kita habis. Merasakan setiap butir air, merecovery kembali energi-energi yang hilang. Mungkin hal ini bermanfaat untuk orang seperti saya yang terkadang meandi sering terburu-buru.

5. Me time. Me time adalah waktu yang kita dedikasikan untuk kita sendiri. Dimana kita kita bisa merefleksikan apa-apa yang ada dalam pikiran dan hati kita. Mendefinisikan kembali masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Mencari solusi disaat pikiran kita masih jernih dan tenang. Mengevaluasi kembali pencapaian-pencapaian yang sudah kita raih. Mengkoreksi kembali beberapa sikap dan karakter kita yang kurang baik. mungkin beberapa orang menyebutnya dengan introspeksi dan evaluasi diri.

Ada beberapa indikasi dimana kita perlu memotivasi diri. Yaitu pada saat kita terasa sering mengeluh, mudah bereaksi negatif terhadap lingkungan, dan mulai  kehilangan arah dan tujuan. Ada baiknya kita rehat sejenak dan mengisi jiwa kita dengan hal-hal positif. Memotivasi diri sendiri saat lemah semangat adalah seni dalam hidup yang harus dikuasai setiap orang.



						

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.