Kunci sukses dan bahagia dengan komunikasi

 

Setiap orang menginginkan kesuksesan dan kebahagiaan di dalam kehidupan. Setiap orang juga memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan definisi yang berbeda tentang ksuksesan dan kebahagiaan. Entah apapun profesi Anda, ada faktor dominan yang harus diperhatikan untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan.

Faktor ini adalah seni berkomunikasi dan berhadapan dengan orang lain.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa dengan mempelajari bagaimana cara berurusan dengan orang lain, artinya kita sudah menempuh 85% jalan menuju sukses. Menjalin komunikasi mungkin mudah bagi sebagian orang, namun menciptakan komunikasi yang efektif dan menentukan sikap yang tepat saat berhadapan dengan orang lain, membutuhkan ilmu tersendiri.

Apakah menyesuaikan diri dengan orang lain itu cara yang paling efektif?

Hanya menyesuaikan diri dengan orang lain bukan satu-satunya jawaban untuk bisa meraih kesuksesan dan kebahagiaan. Ada beberapa tipe orang yang memiliki sikap pemalu ataupun minoritas, sehingga selalu di “drive” oleh orang lain yang lebih dominan.

Ada juga beberapa orang yang memiliki sifat dominasi, selalu ingin menjadi pemenang, tipe dictator, mereka ini yang dalam banyak kasus memenangkan persaingan dan men-drive golongan minoritas.

Pergilah ke toko buku, maka kita akan menemukan buku tentang seni berhadapan dengan orang lain. Mungkin menyesuaikan diri adalah salah satu jawabannya. Namun bukan berarti dengan menyesuikan diri, kita selalu menjadi pengikut dan tergantung pada orang lain atau keadaan. Kita membutuhkan adaptasi dimana kepentingan kita juga menjadi prioritas dengan mencapai win-win solution saat berurusan dengan orang lain.

Salah satu hal penting saat berurusan dengan orang lain adalah dengan tidak menginjak “ego” mereka. Setiap manusia memiliki ego, setiap pribadi memiliki kepentingan. Dan seni berurusan dengan orang lain yang efektif adalah ketika ketika kedua pihak dapat menciptakan kondisi win-win condition dengan memperhatikan kepentingan masing-masing (atau terkadang dengan menyeimbangkan ego masing-masing)

Komunikasi sukses itu seni mendengarkan

Ada hikmah tersirat mengapa kita punya dua telinga dan satu hidung. Artinya kita harus banyak mendengar daripada berbicara.

Setiap orang suka diperhatikan, didengarkan, dan dipedulikan. teterkadang dengan mendengarkan dengan baik, orang lebih respek terhadap kita. Orang lebih suka dimengerti dahulu sebelum mengerti orang lain.

Pernah melihat film tentang sesi terapi psikolog? Saya pernah memperhatikannya. Selama 2 jam pasien bisa menceritakan segala permasalahan dirinya tanpa henti. Sedangkan psikolog hanya mendengarkan dan “mengarahkan” dengan pertanyaan yang benar untuk menemukan solusinya.

Benar sekali, terkadang jawaban itu malah muncul dari dalam diri sang pasien, dari hasil pemikirannya. Psikolog membantu mengidentifikasi masalah dan “mengarahkan” untuk menemukan solusi. Mirip dengan proses introspeksi diri.

Kebutuhan dasar manusia dalam pergaulan

Kebutuhan dasar itu adalah: Ingin diterima, di setujui, dan dihargai. Akhir-akhir ini saya empelajari bagaimana cara sales meningkatkan penjualan.

Sales yang baik adalah sales yang mengerti kebutuhan pembeli, menghargai pembeli, ramah dan memberikan solusi kepada pembeli.

Anda pasti juga kurang suka dengan sales dengan senyum palsu, tidak menghargai pembeli, dan agak “memaksa” untuk membeli, walaupun itu bukan kenutuhan Anda.

Kebutuhan dasar manusia ini bisa kita jadikan prinsip untuk menjadi magnet dalam pergaulan. Karena manusia selalu “lapar” dengan kebutuhan ini. Dan Anda adalah orang yang dapat memenuhi kebutuhan itu.

Kesimpulan

Komunikasi bisa menjadi kunci sukses dan bahagia, asalkan kita mengerti prinsip dan seninya. Karena bagian tersulit adalah bagaimana cara berurusan dengan orang lain. Menguasai teknik komunikasi dan negosiasi yang baik dengan orang lain, bisa menjadi modal bagi Anda untuk sukses dan memecahkan persoalan dalam kehidupan.

Leave a Reply