Langkah kecil penyebab perubahan besar

Langkah kecil yang menghasilkan perubahan besar - Catatanpagi.com

Saya selalu berpikir, adakah langkah kecil yang dapat menciptakan perubahan besar? Dalam dunia nyata banyak hal bisa terjadi. Dengan adanya perkembangan teknologi, yang tadinya tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

Bicara tentang langkah kecil yang dapat menghasilkan perubahan besar mengingatkan saya pada prinsip daya ungkit/leverage. Daya ungkit bisa menghasilkan hasil lebih maksimal dengan usaha yang mungkin lebih sedikit, atau dengan waktu yang lebih singkat.

Perubahan besar, anggap saja perubahan besar disini berlaku universal. Entah itu jalan menuju kesuksesan, mimpi-mimpi besar, menciptakan kebiasaan baru yang efektif, atau pencapaian-pencapain dari suatu rencana besar.

Kita butuh daya ungkit untuk melakukan perubahan itu, kita bisa mengefektifkan waktu untuk mencapai mimpi-mimpi besar kita. Asalkan kita tahu caranya.

Berikut 5 langkah kecil yang dapat menghasilkan perubahan besar:

  1. Mulai dari hal-hal kecil sesuai tujuan. Banyak rencana-rencana besar yang tidak pernah tercapai, bukan karena sulit atau mustahil. Bisa jadi karena tidak pernah dimulai. Seorang yang punya mimpi menjadi penulis sukses tidak akan pernah sampai kepada tujuannya jika belum memulai untuk menulis.
  2. Menjadi pribadi pembelajar. Jangan pernah puas dengan ilmu yang kita miliki. Bahkan ketika kita memiliki mimpi untuk menjadi orang hebat, ada baiknya kita pakai prinsip petugas di pom bensin: “Mulai dari Nol ya”. Mulai dari nol membuat kita akan lebih kritis, banyak belajar, dan lebih cermat lagi mengevaluasi langkah kita menuju kesuksesan.
  3. Miliki seorang mentor. Merupakan salah satu pengembangan dari teknik pembelajaran. Mungkin kita bisa belajar dengan otodidak, tapi dengan adanya mentor, akan menunjukkan pada kita beberapa jalan pintas menuju sukses berdasarkan pengaalaman. Yang dapat membantu mengkoreksi, dan mengingatkan faktor-faktor penghambat untuk mencapai satu tujuan.
  4. Selalu terorganisir. Jangan perlah lupa untuk membuat to do list setiap hari. To do list yang sudah kita susun berdasarkan prioritas. Akan selalu ada milestone untuk suatu perubahan besar. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk selalu checking to do list yang kita buat.
  5. Istirahat. Manusia butuh rehat, melakukan suatu perubahan besar atau akselerasi kesuksesan, pasti akan menguras banyak energi, waktu dan pemikiran. Ingatlah bahwa segala sesuatu perlu proses, dan setiap proses membutuhkan waktu. Ketidaksabaran akan membuat kita semakin mudah lelah. Nikmatilah setiap proses dan amati perubahan-perubahan yang terjadi.

Manusia selalu menginginkan yang terbaik dalam hidupnya. Selalu mempunyai mimpi-mimpi besar yang ingin diraih.

Namun terkadang rutinitas dapat menghambat konsistensi di dalam pencapaiannya. Mulailah untuk selalu melakukan langkah-langkah kecil yang dapat menciptakan perubahan besar.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen dikolom komentar 😀

One Response

  1. Jefry Dewangga December 3, 2015

Leave a Reply