Lima Hal yang Harusnya Ada di Tempat Kerja

 

Terkadang rutinitas bekerja bisa bikin jenuh. Kejenuhan dalam bekerja dapat menurunkan produktivitas. Menciptakan kondisi kerja yang nyaman dan anti-jenuh dapat membantu mengantisipasi hal ini. Kondisi kerja yang enjoy, bisa meningkatkan fokus dan produktivitas kerja.

Sayangnya ada beberapa hal yang terkadang belum lengkap di tempat kerja. Entah cuma imajinasi saja, saya berharap ada beberapa hal dan fasilitas yang seharusnya ada di kantor.

Meskipun jarang ada kantor yang menerapkannya, namun saya rasa ini bisa jadi trend yang bagus dimasa depan ๐Ÿ˜€

Berikut 5 hal yang harusnya ada ditempat kerja:

  1. Coffee maker dan koleksi kopinya

Bekerja dalam durasi lama bikin pusing. Konsentrasi menurun. Saya berharap untuk bisa menerapkan 50 menit bekerja, dan 10 menit nyantai sambil ngopi. Harusnya tiap kantor ada fadilitas coffee maker lengkap dengan koleksi kopinya.

Mulai dari kopi tubruk, krimer, espresso, kopi aceh, mandailing, toraja dan beberapa tempat kopi khas di indonesia. Bukankah negara kita itu surganya kopi?

Durasi istirahat 10 menit tiap jam saya rasa cukup buat rehat mengembalikan fokus pikiran, mungkin sambil brosing, ngerumpi, atau baca buku novel. Dan yang paling penting fasilitas kopinya itu lho.

  1. Tempat tidur siang yang nyaman

Manusia itu butuh tidur siang. Percayalah. Ngga sia-sia penelitian ilmuwan yang menyatakan bahwa tidur siang itu baik untuk kesehatan pikiran dan mengembalikan fokus yang menurun.

Tempat tidur siang yang nyaman itu perlu, beda dengan tidur selonjoran dikursi yang terkadang bikin otot pegel. Kursi kan tempat untuk duduk, bukan untuk tidur.

Bahkan diluar negeri ada perusahaan yang menyewakan kapsul tidur, dimana ada fasilitas charging handphone, musik santai, timer, dan kasur yang nyaman tentunya.

  1. Snack sore unlimited

Waktu sore itu saat yang kritis. Dimana sore itu menjadi puncak keletihan dalam bekerja. Harusnya ada snack sore unlimited. Memaksimalkan waktu sore itu sangat penting. Dan satu hal lagi, perlu dibudayakan pulang kerja tepat waktu. Kalo masuk kerja saja kita suka terlambat, masa pulang kerja kita terlambat juga.

Sudah saatnya kita bekerja efektif dengan product base bukan time base. Mungkin belum tentu cocok di semua jenis industri, tapi ini adalah ide yang bagus di masa yang akan datang.

  1. Koneksi internet cepat dan fasilitas download

Hal keempat yang harusnya ada adalah, koneksi internet cepat. Kita sudah bosan dengan iklan internet murah ini itu tapi kualitas internetnya ngga merata ditiap daerah. Kalo internet mobile kadang lemot, sudah saatnya internet kantor kencang bebas hambatan.

Kalo ada yang bertanya internet cepat buat apa, jawabannya “Produktifitas Sir!” Waktu kita sudah habis untuk menunggu loading web yang lambat. Buka email lambat, cari informasi lambat, bahkan download juga lambat.

  1. Hari kerja Senin sampai Kamis

Hal terakhir yang paling penting, hari kerja dari senin sampai kamis saja, hari jumat bisa sambung lagi lewat email atau by phone, manusia butuh piknik dan istirahat di rumah.

Kalo weekend dirumah, kapan pikniknya? Kalo weekend piknik, kapan ada waktu dirumah? Itu sebabnya kita membutuhkan tambahan waktu libur.

Piknik itu penting, menyegarkan pikiran. Mata kita ngga melihat itu-itu aja, kerjaan lagi, macet lagi, transportasi lagi. Manusia butuh piknik. Lebih klop lagi kalo ada tunjangan piknikย tiap bulan. Sehingga suasana hati selalu happy dan produktivitas terjaga.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar ๐Ÿ˜€

One Response

  1. Daniel October 23, 2015

Leave a Reply