Lima Tips Ringan Untuk Menajamkan Otak

Spread the love

 

Saya pernah terpikir bagaimana seandainya jika saya bisa lebih cerdas 10% dari sekarang. Dalam segala hal, baik itu mengingat, kecepatan berpikir, dan analisa logis. Pernahkah Anda mengalami kondisi dimana Anda merasa sulit untuk mengingat suatu informasi? Lupa menaruh barang kecil, seperti kunci misalnya. Atau misalnya Anda merasa lambat berpikir dan kurang fokus. Mungkin ini pertanda Anda butuh latihan ringan untuk manajamkan otak.

Menjadi orang yang smart sudah menajadi tuntutan belakangan ini, dimana persaingan semakin ketat, orang yang lebih cerdas selalu lebih unggul dari orang biasa-biasa saja. Untuk mengasah otak tidak perlu repot-repot menghabiskan banyak waktu. Cukup lakukan 5 tips ringan berikut ini di sela keseharian Anda.
Berikut 5 tips ringan yang dapat Anda lakukan untuk menajamkan otak:

1. Brainstorming dan Mindmapping
Brainstorming artinya mengumpulkan ide. Biasakan diri dengan memiliki banyak ide. Jangan pernah membatasi diri dengan selalu mencari celah kekurangan dari ide yang Anda buat. Karena bisa jadi satu ide terbaik terlahir dari seratus ide yang Anda ciptakan.
Mindmapping artinya memetakan pikiran. Suatu cara efektif untuk menuangkan gagasan dalam suatu gambaran besar, biasanya di tuangkan di atas kertas. Diharapkan dengan mindmaping Anda dapat melihat permasalahan secara global, dan dapat membuat detail untuk solusi permasalahan tersebut.
2. Rutin membaca
Rajin membaca baik untuk kesehatan otak, selain menambah wawasan, membaca meningkatkan daya ingat kita dan mempermudah dalam mengumpulkan ide-ide baru. Jangan tinggalkan sarapan sehat otak dengan membaca.
Carilah tema bacaan yang Anda minati. Membaca artikel berita saja mungkin tidak cukup. Mungkin bisa ditambah dengan buku science, pengembangan diri, motivasi, novel, dan bacaan lain yang bisa membuat kita lebih bijaksana dalam hidup.
3. Biasakan menulis
Menulis dengan tangan lebih bagus, karena dapat melatih fungsi motorik. Menulis juga melatih kita untuk menuangkan gagasan. Transformasi dari alam ide di otak ke dalam wujud tulisan yang bisa di baca.
Bayangkan bila Anda bisa menulis satu halaman pehari, maka setahun Anda akan memiliki buku setebal kurang lebih 365 halaman asli hasil pemikiran Anda Sendiri. Tulislah hal-hal menarik yang Anda minati, baik itu pengalaman menarik atau ilmu pengetahuan yang Anda kuasai. Bisa jadi tulisan itu akan bermanfaat bagi orang lain.
4. Mulailah belajar bahasa asing
Menguasai lebih dari satu bahasa itu keren. Bahkan saat ini bahasa inggris menjadi tuntutan yang akan menjadi nilai plus dalam dunia kerja. Tidak ada salahnya untuk memulai belajar bahasa asing. Bisa bahasa korea, mandarin, thailand, jerman atau apapun.
Karena belajar asing bisa melatih memori daya ingat kita dengan menambah kosakata. Selain itu kita juga akan mendapatkan pengalaman baru bila disertai dengan mempelajari budaya di negara tersebut. Meskipun saat ini belum perlu, bisa jadi suatu saat akan bermanfaat, ketika akan berlibur ke luar negeri misalnya.
5. Bermain Game
Sebagian besar orang beranggapan bermain game itu tidak produktif dan buang-buang waktu. Sebenarnya bermain game itu ada manfaatnya asalkan sesuai dengan proporsinya. Bermain game beberapa saat baik untuk melatih otak, tapi keterusan bermain game itu bablas namanya.
Pilihlah game yang merangsang fungsi kognitif otak misalnya sudoku. Memilih game yang mengharuskan kita berpikir, akan lebih bermanfaat. Tapi kembali lagi ke batasan normal, jangan sampai bermain game melenakan kita dan mengabaikan kita dari tugas-tugas atau pekerjaan penting yang harusnya kita selesaikan.
Ada ide lain? Silahkan tambahkan di kolom komentar 😀

1 Comment


  1. bahasa asing itu yang gak paham hahahahahah ….. lidah dah kaku klo untuk bahasa asing >.<

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.