Mantap gan: Milih nama domain itu ngga perlu repot

Spread the love
memilih-nama-domain
Mantap gan: Milih nama domain itu ngga perlu repot

Menentukan nama domain bagi sebagian orang adalah sesuatu yang memusingkan, Selalu saja ngga cocok setelah menentukan nama domain, Atau udah ketemu nama domain yang diinginkan, taunya udah di ambil orang.

Sebenarnya, memilih nama domain, tidak harus menjadi hal yang merepotkan, Hanya dibutuhkan beberapa effort kecil yang harus kita lakukan, untuk mendapatkan nama yang klop. Pas di hatin tapi juga ngga asal-asalan.

Berikut beberapa tips jitu untuk mendapatkan nama domain tanpa harus repot.

1. Pertanyaan pertama, apa tujuan nama domain itu dibuat?

Apakah untuk blog pribadi? akan dijadikan merek dagang atau branding? atau untuk monetisasi nantinya. Tentu memilih nama domain akan berpengaruh nantinya. Kalo tujuannya hanya untuk sekedar bikin blog pribadi, maka ngga masalah menggunakan nama sendiri.

Tapi kalo domain nantinya untuk monetisasi atau di jual, tentu harus disesuaikan dengan tema blog yang akan dibuat.

2. Buat nama domain sesuai niche.

Blog yang baik adalah blog yang memiliki target market. Disini pentingnya kita memilih nama domain sesuai dengan niche, selain mudah diingat, juga harus mencerminkan isi dari blog.

Bukan berarti blog gado-gadi tidak punya target market, Blog gado-gado artinya kita memiliki beberapa target market. Bisa dengan membuat beberapa kategori dalam satu blog. Misalkan komputer, android, software, internet, dll.

3. Jangan menggunakan merk dagang.

Jangan memilih nama domain yang udah menjadi merk dagang, agak merepotkan bukan berurusan dengan hukum, hanya karena masalah nama domain, Apalagi jika nantinya blog kita sudah mulai populer. Tentu pemilik merk dagang lambat laun akan menyadarinya.

4. Jangan menggunakan kombinasi angka dan huruf yang rumit,

Nama domain yang baik adalah nama domain yang mudah diingat. Mudah pelafalannnya, dan tidak terlalu panjang, Semakin pendek semakin baik, Lagipula nama domain terlalu panjang akan membuat orang sulit mengingat nama domain kita.

5. Harus pas di hati.

Memang ada nama domain yang tidak pas di hati? bisa saja, he he.. memilih domain bisa didiamkan dulu semalam, kali aja besoknya kita berubah pikiran. Atau mungkin menemukan alternatif lain yang lebih bagus.

Memilih nama domain itu sepeerti memilih jodoh, sekali untuk selamanya, Sekali kita beli maka, harus kita maintain dan kita promosikan, Ngga usah repot-repot membeli banyak nama domain, Satu blog yang terawat lebih baik dari pada banyak blog namun terbengkalai.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.