Membangun kesuksesan dalam waktu satu malam

Membangun kesuksesan dalam waktu satu malam, mungkinkah? Di jaman serba canggih seperti sekarang ini, kecepatan adalah suatu tuntutan. Kita ingin serba instan, bahkan teknologi terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia agar lebih produktif. Kalo bisa lebih cepat kenapa harus lama?

Begitu juga dengan pekerjaan. Setiap pekerjaan dituntut untuk bisa tuntas dan selesai lebih cepat. Makanan instant berkembang pesat untuk mengakomodir situasi ini. Walaupun dengan yang instant-instan itu terkadang ada efek positif dan negatifnya.

Bagaimana dengan kesuksesan, apakah ada kesuksesan yang instant?

Mari kita lihat seorang ilmuwan yang hebat dalam sejarah:

Misalnya Ibnu Sina. Ibnu Sina (980-1037) dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat merupakan seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia (sekarang sudah menjadi bagian Uzbekistan).

Ibnu sina adalah seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya tentang filosofi dan pengobatan. Bagi sebagian besar orang, dia terkenal sebagai Bapak Pengobatan Modern. Dan masih banyak lagi sebutan untuknya yang kebanyakan berkaitan dengan karya-karyanya dibidang kedokteran.

Dia adalah seorang pengarang dari 450 buku didalam beberapa pokok bahasan besar. Banyak di antaranya memusatkan kepada filosofi dan kedokteran. George Sarton menyebutnya “ilmuwan muslim yang paling terkenal dalam Islam pada semua bidang, tempat, dan waktu”. Karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, yang sering dikenal juga sebagai sebagai Al-Qanun fi At Tibb (Canon of Medicine sering disebut sebagai Aturan Pengobatan).

Pertanyaanya, bisakah ilmuwan hebat seperti itu belajar hanya dalam semalam saja? Nampaknya mustahil, harus ada investasi waktu disitu, investasi kerja, dan juga semangat yang harus dipupuk untuk mewujudkan sebuah mimpi besar.

Proses pembelajaran, evaluasi dan perbaikan berlangsung secara terus menerus dan berkesinambungan. Dibutuhkan waktu bukan hanya beberapa bulan saja, mungkin bertahun-tahun, belasan, bahkan puluhan tahun untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Pesan moralnya adalah:

  1. Membangun mimpi dan mewujudkan cita-cita adalah suatu proses, dalam hal apapun
  2. Setiap proses membutuhkan waktu untuk tumbuh dan berkembang, tidak instant begitu saja
  3. Kesempurnaan adalah hasil dari serangkaian proses evaluasi, perbaikan dan pembelajaran

Kesimpulannya, tidak ada yang instan untuk menggapai kesuksesan, dalam bidang apapun. Segalanya membutuhkan waktu , tenaga, dan usaha. Kesuksesan dibangun dari sebuah perencanaan yang matang, proses pembelajaran, kerja keras, dan ketekunan. Banyak sekali proses evaluasi dan perbaikan untuk sebuah kesuksesan.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

6 Comments

  1. buret November 1, 2015
  2. Bayu Rohmantika November 1, 2015
  3. dennyaditia November 1, 2015
  4. santika November 2, 2015
  5. Achmad Fazri November 4, 2015
  6. Dwi Sugiarto November 5, 2015

Leave a Reply