Membangun kesuksesan dalam waktu satu malam

Spread the love

Membangun kesuksesan dalam waktu satu malam, mungkinkah? Di jaman serba canggih seperti sekarang ini, kecepatan adalah suatu tuntutan. Kita ingin serba instan, bahkan teknologi terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia agar lebih produktif. Kalo bisa lebih cepat kenapa harus lama?

Begitu juga dengan pekerjaan. Setiap pekerjaan dituntut untuk bisa tuntas dan selesai lebih cepat. Makanan instant berkembang pesat untuk mengakomodir situasi ini. Walaupun dengan yang instant-instan itu terkadang ada efek positif dan negatifnya.

Bagaimana dengan kesuksesan, apakah ada kesuksesan yang instant?

Mari kita lihat seorang ilmuwan yang hebat dalam sejarah:

Misalnya Ibnu Sina. Ibnu Sina (980-1037) dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat merupakan seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia (sekarang sudah menjadi bagian Uzbekistan).

Ibnu sina adalah seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya tentang filosofi dan pengobatan. Bagi sebagian besar orang, dia terkenal sebagai Bapak Pengobatan Modern. Dan masih banyak lagi sebutan untuknya yang kebanyakan berkaitan dengan karya-karyanya dibidang kedokteran.

Dia adalah seorang pengarang dari 450 buku didalam beberapa pokok bahasan besar. Banyak di antaranya memusatkan kepada filosofi dan kedokteran. George Sarton menyebutnya “ilmuwan muslim yang paling terkenal dalam Islam pada semua bidang, tempat, dan waktu”. Karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, yang sering dikenal juga sebagai sebagai Al-Qanun fi At Tibb (Canon of Medicine sering disebut sebagai Aturan Pengobatan).

Pertanyaanya, bisakah ilmuwan hebat seperti itu belajar hanya dalam semalam saja? Nampaknya mustahil, harus ada investasi waktu disitu, investasi kerja, dan juga semangat yang harus dipupuk untuk mewujudkan sebuah mimpi besar.

Proses pembelajaran, evaluasi dan perbaikan berlangsung secara terus menerus dan berkesinambungan. Dibutuhkan waktu bukan hanya beberapa bulan saja, mungkin bertahun-tahun, belasan, bahkan puluhan tahun untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Pesan moralnya adalah:

  1. Membangun mimpi dan mewujudkan cita-cita adalah suatu proses, dalam hal apapun
  2. Setiap proses membutuhkan waktu untuk tumbuh dan berkembang, tidak instant begitu saja
  3. Kesempurnaan adalah hasil dari serangkaian proses evaluasi, perbaikan dan pembelajaran

Kesimpulannya, tidak ada yang instan untuk menggapai kesuksesan, dalam bidang apapun. Segalanya membutuhkan waktu , tenaga, dan usaha. Kesuksesan dibangun dari sebuah perencanaan yang matang, proses pembelajaran, kerja keras, dan ketekunan. Banyak sekali proses evaluasi dan perbaikan untuk sebuah kesuksesan.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

6 Comments


  1. kesuksesan memang butuh waktu, kerja keras dan kesabaran. menarik mas bahasannya

    Reply

  2. Membangun mimpi dan mewujudkan cita-cita adalah suatu proses, sayangnya tidak semua orang ngeh akan hal ini. Alhasil mereka maunya serba instan. Teknologi saja bisa membuat semuanya serba instan, kenapa mewujudkan mimpi ngga? Mungkin itulah yang ada di benak sebagian orang.

    Pola pikir yang salah menimbulkan resiko. Muncullah plagiat dalam berbagai bidang, semuanya mau cepat mendapatkan kesuksesan. Kasus ijazah palsu yang sempet heboh kemarin juga bukti pola pikir yang salah akan kesuksesan.

    Tiga pesan moral yang ditulis di atas saya setuju semuanya. Mulai dari merintis, mengembangkan, hingga mengevaluasi… semuanya butuh proses. Semua proses itulah yang akan membentuk kita menjadi “manusia seutuhnya”.

    Halah, kok jadi panjang begini comment-nya hehe maaf. Saya suka isi tulisannya. Keep writing like this. Happy blogging, salam kenal 🙂

    Reply

  3. wah hal tersebut berat banget mas malah bisa dibilang mustahil, saya setuju dengan investasi waktu itu mas kalau mau sukses pasti ada proses panjang dibelakangnya

    Reply

  4. sepertinya mustahil ya mas, yang instan pun perlu proses, bahkan sangkuriang dengan kesaktiannya juga gagal membangun kesuksesan dalam satu malam. Pesan moral yang saya tangkap : “Jangan mimpi sukses tanpa berusaha” betul ga ya..?

    Reply

  5. Semua butuh proses, apalagi berkaitan dengan kesuksesan…tindakan yang instan pasti tidak akan bertahan lama… butuh pembelajaran yang lebih mendalam sehingga tercipta suatu pengalaman yang selanjutnya bisa dipergunakan sebagai modal untuk menuju kesuksesan

    Reply

  6. Saya lebih percaya kesuksesan hanya bisa diraih melaui proses hanya saja tiap orang berbeda waktunya ada yang cepat ada yang lambat tergantung usahanya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.