Mengapa kesuksesan terasa lama?

 

Mengapa manusia lambat untuk sukses? Mengapa sebagian orang dapat dengan mudahnya mendapatkan apa yang dia inginkan? Sedangkan sebagian lain dengan susah payah, sulit untuk mendapat apa yang ia inginkan?

Mungkin kita bisa membuat jawaban yang lebih mudah: Takdir. Tapi kita sebagai manusia ada juga andil dan kewajiban di sini, yaitu berusaha. Ketika apa yang kita inginkan terasa sulit dicapai, mungkin ada yang perlu di perbaiki. Boleh itu sistem, maupun diri sendiri.

Manusia, sebagai makhluk berpikir memiliki kelebihan. Yaitu akal pikiran yang sangat besar sekali manfaatnya untuk memecahkan berbagai masalah. Sehingga banyak orang yang mengatakan, jangan hanya kerja keras, tapi juga harus kerja cerdas. Suatu kalimat singkat yang mencerminkan arti pentingnya proses berpikir.

Ketika kita menginginkan percepatan untuk sesuatu kesuksesan yang ingin di capai, ada yang perlu perbaiki disini, yaitu sikap dan usaha.

Dari segi sikap, bisa jadi kita kurang ngotot untuk mencapai suatu tujuan, bermalas-malasan untuk menjalankan aktivitas yang seharusnya dilakukan. Selalu menunda-nunda. Lupa terhadap tujuan awal yang hendak di capai. Atau bahkan tidak membuat strategi tujuan sama sekali. Sikap menentukan hasil. Sikap yang biasa-biasa saja, hasilnya juga biasa. Sikap yang penuh semangat dan antusias lebih memudahkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Dari segi usaha, bisa jadi strategi yang kita pakai kurang efektif. Istilah lainnya seperti kurang joss. Hal ini berkaitan dengan sistem kerja yang kita rancang untuk mencapai tujuan. Perlu ada evaluasi dari strategi yang sudah kita jalankan. Untuk menilai, mana yang efektif dan mana yang tidak.

Bila kita merasa mandeg untuk membuat perbaikan dan inovasi baru, bisa jadi kita kurang informasi, kurang input, kurang membaca. Manusia menjadi cerdas tidak hanya dengan cara berpikir, tapi juga dengan cara memerima informasi, salah satunya dengan cara membaca.

Sebenarnya ada faktor lain yang dapat menghambat proses berpikir, yaitu faktor lelah. Kelelahan dapat menurunkan konsentrasi dan menghambat proses berpikir. Maka istirahat yang teratur dan menjaga asupan nutrisi yang cukup juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Ditambah lagi dengan olah raga, agar tubuh tetap balance dan lebih dinamis untuk bergerak.

Manusia dirancang dengan begitu sempurna. Dilengkapi dengan “hardware” dan “software” yang luar biasa. Amat disayangkan bila tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jika kesuksesan terasa lama, maka perubahan dan perbaikan harus dimulai dari diri kita.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

Leave a Reply