Menjadi Pribadi Produktif di Waktu Pagi

 

Waktu pagi adalah waktu yang tepat untuk menjadi produktif. Saat pagi adalah saat dimana pikiran Anda masih tajam, jiwa Anda masih segar, setelah semalam beristirahat. Disinilah Anda bisa memulai hari dan mengikuti kebiasaan orang sukses dengan memaksimalkan waktu pagi.

Apakah Anda termasuk orang yang sudah memaksimalkan waktu pagi? Bila jawabannya ya saya ucapkan selamat. Berarti Anda sudah memiliki salah satu kebiasaan orang sukses. Namun bila Anda masih bangun terlambat, merasa lelah dan istirahat belum cukup, ditambah lagi perasaan malas yang luar biasa untuk beraktivitas atau berangkat bekerja, berarti Anda memerlukan perubahan. 

Pada dasarnya, pikiran Anda, aktivitas Anda, jam biologis Anda dipengaruhi oleh kebiasaan. Bila Anda merasa belum maksimal memanfaatkan waktu pagi, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi lebih produktif di waktu pagi:

1. Evaluasi penggunaan waktu Anda. Bangun terlambat dan merasa lelah kurang istirahat bukan tanpa sebab. Coba periksa kembali penggunaan waktu Anda, apakah Anda termasuk yang tidur larut malam? Apa yang menyabkan Anda tidur larut? berapa lama waktu ideal yang ada butuhkan untuk tidur? Hindari hal-hal yang kurang penting yang menyebabkan Anda tidur larut, seperti menonton tivi, browsing di internet, chatting dan lain-lain.

2. Cari tahu aktivitas yang menurut Anda menyenangkan diwaktu pagi. Mungkin Anda suka berolah raga, jogging, membaca mempelajari ilmu baru, menulis dan menganalisis suatu project,menyusun agenda untuk hari tersebut, tentukan yang menurut Anda produktif. Sempatkan waktu sarapan sebelum Anda berangkat bekerja. Mungkin bisa ditemani secangkir kopi sambil menyaksikan berita terkini.

3. Tentukan tenggat waktu yang dibutuhkan pada waktu pagi. Mulai dari mandi, sarapan, berkivitas sampai berangkat kerja. Atur waktu Anda sehingga Anda tidak terlambat bila Anda berangkat ke kantor. Tenggat waktu harus Anda tentukan untuk mengatur efektivitas penggunaan waktu Anda. Jangan terlalu berlama-lama namun juga jangan sampai membuat Anda terburu-buru.

4. Jadikan sebuah kebiasaan. Bila Anda sudah terbiasa, Anda tidak akan merasa sulit untuk bangun pagi. Dibutuhkan usaha extra pada awalnya, karena memang tidak mudah untuk merubah kebiasaan. Tidak usah terlalu ekstrim, mulailah dari tidur 15 menit dari awal, bangun tidur 15 menit dari awal, dan berangkat ke kantor dari awal. Anda dapat menggeser pola hidup Anda bila sudah mulai terbiasa dengan siklus Anda yang baru. Rasakan perubahannya apabila Anda melakukannya secara konsisten minimal 30 hari.

5. Buat variasi aktivitas produktif di waktu pagi. Mungkin Anda merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja. Temukan project-project kecil yang produktif. Buatlah kebiasaan-kebiasaan baru yang positif, jadikan aktivitas Anda di waktu pagi menjadi lebih bernilai. Buatlah pencapaian dan prestasi-prestasi kecil dalam hidup.

Menjadi produktif itu mudah, berawal dari kebiasasaan. Kebiasaan yang baik dimulai dari kemauan yang kuat dan pikiran yang positif. Memanfaatkan waktu pagi dengan aktivitas yang produktif akan berguna untuk diri Anda, jiwa Anda, dan impian Anda. Karena hidup yang bernilai di mulai dari waktu pagi. Segera evaluasi penggunaan waktu Anda, buatlah prestasi dan nilai lebih dalam diri Anda. Gali potensi dalam diri Anda dan jadilah orang yang hebat.



            										

Leave a Reply