Cara menonaktifkan plugin WP lewat Cpanel

Spread the love

Cara menon-aktifkan plugin wp lewat cpanel

Hello blogger, ngga kerasa setelah beberapa waktu hiatus blogging, akhirnya bisa mengisi kembali blog tercinta ini. Kadang memang pekerjaan utama bisa menyita waktu sampe lupa blogging. Saking sibuknya, sampe ngga bisa curi-curi posting di sela kerjaan.

Ok langsung aja, untuk tutorial kali ini saya ingin mengupas tentang cara menonaktifkan plugin wordpress lewat cpanel.

Salah satu daya tarik wordpress bagi saya yaitu dengan adanya plugin. Membuat suatu fungsi tertentu di blog yang membutuhkan skill programing tingkat tinggi bisa di permudah dengan bantuan plugin. Plugin juga yang bisa membuat blog wordpress jadi lebih powerfull.

Dengan plugin saya kita banyak berkreasi, misalnya dengan mempercepat loading blog dengan cache, optimasi seo dengan yoast, meningkatkan security dengan chapta, membuat url redirect sendiri, sampai hal yang nampak sederhana misalkan verifikasi google atau bing webmaster. Semua bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan plugin.

Tapi kita juga harus berhati-hati, kesenangan mangutak-atik plugin kadang tidak selamanya berjalan mulus. Adakalanya loading blog jadi lambat karena kebanyakan plugin, atau yang paling parahnya, blog jadi blank karena error yang disebabkan oleh install plugin.

Pernah mengalami blog jadi blank sama sekali dan tidak bisa diakses karena sering di utak-atik? Saya pernah 😀

Kalo udah gitu, biasanya agak kesel. Pengalaman yang menyebalkan memang, tapi dari situ kita belajar. Dan kali ini ini saya akan share cara menonaktifkan plugin lewat cpanel, yang menyebabkan blog jadi error akibat install plugin. Berikut step by stepnya:

1. Saat blog tiba-tiba error atau blank akibat install plugin yang bermasalah, yang harus di lakukan pertama kali adalah: menarik nafas panjang. It’s time to learn ok beb.

2. Masuk ke cpanel, buka php myadmin. Jangan tanya nyari php myadmin dimana, yang udah selfhost pasti tau 😀

akses php my admin

3. Ok lanjut, kemudian buka database wp_option blog wordpress Anda, dan klik menu search/cari. Disitu akan ada option_id, option_name, option_value, autoload. Klik tanda +opsi dibagian bawah.

akses wp option database

4. Pilih kolom option_name, kemudian edit active plugin.

edit wp option

edit wp active plugin

5. Hapus nama plugin yang ingin di nonaktifkan, caranya hapus  mulai dari huruf ” i ” sampai dengan ” ; ” yg ditengahnya terdapat nama plugin. Misalnya seperti ini, i:2;s:24:”wordpress-seo/wp-seo.php”; lalu klik kirim.

menonaktifkan wp plugin

6. Selamat! Plugin sudah sukses di nonaktifkan. Silahkan login ke dashboard wp seperti biasa, dan pilih menu plugin. Lalu uninstall plugin yang menjadi biang keladi sehingga menyebabkan blog jadi error.

Pilih plugin hanya dari sumber terpercaya, misalnya dari directory plugin worpress.org, baca compatibilitynya, liat user reviewnya, dan cek rating dan berapa jumlah total download.

Ok, akhirnya kelar juga tulisannya, demikian tutorial cara menonaktifkan plugin WP lewat Cpanel. Mohon maaf apabila kata-katanya kurang panjang, karena target saya pesan bisa sampai melalui screen shoot yang saya lampirkan. Because picture worth a thousand words. Semoga bermanfaat 😀

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.