Semangat untuk memperbaiki diri

Spread the love

 

Introspeksi diri sangat bagus untuk dilakukan agar kita mengetahui di mana letak kesalahan, kekurangan dan juga kelebihan kita. Terkadang ada orang yang merasa paling benar dan hal itu sangat tidak baik untuk dimiliki. Karena setiap orang hidup pastilah mempunyai kesalahan meski sekecil apapun.

Rasa paling benar tersebut juga nantinya akan menimbulkan penyakit hati yang sangat sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, sebelum kita memiliki penyakit hati tersebut, kita harus memulainya terlebih dahulu dengan introspeksi diri. Introspeksi diri adalah perbaikan yang dilakukan oleh diri sendiri, kepada diri sendiri agar nantinya bisa menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya.

Cara memperbaiki diri

Dalam memperbaiki diri sendiri itu memang tidak mudah dan bahkan sangat sulit. Untuk itu kita harus belajar untuk memperbaiki diri sendiri. Berikut ini adalah tips yang efektif untuk memperbaiki diri:

1. Meminta bantuan kepada orang lain untuk mengkritik. Tetapi jangan keseringan karena kita juga harus bisa mengkritik diri kita sendiri.

2. Renungkan dan pikirkan kesalahan, kekurangan apa saja yang kita sudah perbuat dan berusaha untuk memperbaikinya. Pikirkan juga kelebihan apa yang kita miliki.

3. Berniatlah untuk memperbaiki diri sendiri dan jangan mudah marah apabila suatu saat dikritik oleh orang lain.

4. Serius dalam memperbaiki diri sendiri. Jangan hanya memikirkan saja tetapi juga harus dilakukan dan mencari penyelesaiannya.

Kritik diri sendiri untuk memperbaiki diri

Selain itu masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, dengan demikian kita akan lebih bisa mengetahui kesalahan, kekurangan dan juga kelebihan kita sendiri. Dan yang paling utama adalah kita harus mengkritik diri sendiri sebelum mengkritik orang lain.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.