Terapi Move On Dari Keterpurukan Jiwa

Spread the love

 

Hidup tidak lepas dari permasalahan. Masalah menjadi dinamika yang selalu ada dalam kehidupan. Menyikapi permasalahan dengan benar akan memberikan efek yang berbeda. Menghadapi permasalahan dengan tertawa dapat menjadi obat yang mujarab, dan terkadang membuat kita lebih mudah untuk memecahkan masalah.

Pribadi humoris lebih disukai oleh banyak orang. Lebih mudah bergaul dengan siapapun. Namun terkdang tidak semua orang memiliki kepribadian ini. Menjadi humoris bukan berarti Anda harus menjadi pelawak di stand up komedi. Menjadi humoris artinya Anda pandai memanfaat situasi pergaulan menjadi lebih nyaman.

Berikut terapi move on dari keterpurukan jiwa:

  1. Jangan terlalu serius menyikapi hidup

Pada dasarnya hidup itu penuh warna dan  banyak pengalaman yang dapat membuat Anda tertawa. Pandanglah itu sebagai humor kehidupan yang dapat menyegarkan jiwa Anda. Nikmati kesegaran jiwa ini dengan berinteraksi bersama orang lain. Orang menyebutnya serius tapi santai.

  1. Punya masalah bukan berarti hidup itu berat

Persoalan hidup selalu saja ada. Anda tidak harus menjadikannya beban berat dalam hidup. Banyak hal yang bias disyukuri dalam kehidupan. Selalu saja ada jalan disetiap permasalahan. Dengan keyakinan seperti itu, masalah akan terasa lebih ringan dan lebih mudah diatasi.

  1. Bergaulah dengan orang-orang yang humoris

Bergaul dengan orang-orang yang humoris adalah terapi yang paling efektif menurut saya. Karena sebagian besar karakter dibentuk oleh pergaulan.

Ada banyak teman disekitar kita lengkap dengan karakternya masing-masing. Maka perhatikanlah dengan siapa Anda bergaul.  Bergaul dengan orang yang humoris membuat Anda lebih mudah untuk menikmati hidup dan mengembangkan pribadi humoris dalam diri Anda.

Tidak jarang orang menutupi persoalan hidup yang menghampiri dengan tertawa, agar orang lain menganggap tidak ada permasalahan didalam hidupnya.

Namun tertawa seperti ini seringkali terlihat “datar” dan dibuat-buat. Padahal Anda membutuhkan tawqa yang tulus untuk meringankan hari-hari Anda yang berat.

Jadi tertawalah dengan lepas dan wajar, maklumilah bahwa masalah adalah bagian dari hidup yang mengajarkan kebijaksanaan dalam hidup. Cobalah menjadi bahagia dengan lebih banyak tertawa dan mensyukuri hidup.

Ada ide lain? Silahkan tambahkan di kolom komentar 😀

 

 

2 Comments


  1. perlu ditambahkan, bahwaTerapi yg sangat mujarab adalah mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Allah SWT.
    Meningkatkan keyakinan bahwa hidup di dunia ini hanyalah bermain-main jd tdk harus terbawa arus keterpurukan
    Meyakini di luar sana ada orang-orang yang mungkin lebih terpuruk daripada kita

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.