Tiga langkah efektif mencapai keberhasilan

Beberapa hari ini rasanya inspirasi blogging mulai surut. Bukan karena malas, mungkin karena banyaknya urusan yang harus diselesaikan dalam minggu ini. Setelah menjalani beberapa pengumpulan semangat untuk blogging, dengan ditemani segelas teh dan background suara hujan di luar rumah, jemari saya mulai bisa menari-nari lagi di atas keyboard untuk menulis.

Kali ini saya ingin membahas tentang keberhasilan. Keberhasilan secara sederhana bisa berarti tercapainya suatu tujuan atau target tertentu. Bisa berlaku dalam segala hal. Seorang murid SD bisa dikatakan berhasil ketika dia bisa menempati juara satu, dimana juara satu itu dia targetkan sejak lama. Atau seorang pencuri dikatakan berhasil, ketika ia sukses menjalankan aksi kejahatannya yang telah direncanakan.

Ada satu pola di sini: Rencana – Proses – Keberhasilan. Rantai pola ini berada pada mainframe waktu. Waktulah yang menjadi pemisah antara ketiganya. Makanya benar sekali bila ada yang mengatakan bahwa rencana adalah sebagian dari keberhasilan. Tidak ada rencana, tidak ada keberhasilan.

Lalu bagaimana cara cepat untuk mencapai sebuah keberhasilan? Tergantung dari besarnya rencana yang dibuat. Keberhasilan membuat kopi mungkin lebih cepat dari pada keberhasilan membuat blog/website yang sukses. Atau sebut saja rencana untuk sukses dalam suatu usaha kecil. Keberhasilan bisa tercapai setelah mengalami serangkaian proses di dalam mainframe waktu.

Kembali lagi ke pertanyaan, adakah cara cepat untuk mencapai keberhasilan? Jawabannya mungkin relative. Karena setiap proses itu membutuhkan waktu yang logis. Jadi tidak usah kecewa atau hilang kesabaran ketika keberhasilan itu terasa lama. Bila kita tidak bisa membuatnya lebih cepat, kita bisa membuatnya menjadi lebih efektif.

Berikut 3 langkah efektif untuk mencapai keberhasilan.

  1. Disiplin dengan rencana yang telah ditetapkan. Rencana yang kita buat sudah memiliki alokasi waktu masing-masing. Sistem kerjanya parallel. Bila ada penundaan dari satu aktivitas, maka akan membuat aktivitas selanjutnya tertunda juga, mirip dengan efek domino. Ada harga yang harus di bayar dalam sebuah keberhasilan.
  2. Menghargai waktu dengan memperhatikan prioritas. Aktivitas ada banyak, mulai dari yang penting, kurang penting, sampai tidak penting. Waktu kita tidak akan cukup untuk melakukan semuanya. Pastikan apa-apa yang kita lakukan, adalah hal penting yang sesuai dengan tujuan kita, dan bermanfaat untuk diri dan untuk orang lain.
  3. Selalu memiliki rencana B. Modifikasi-modifikasi hidup bisa saja terjadi. Tatkala harapan tidak sesuai dengan realitas, kita membutuhkan rencana cadangan. Bila jalan kebahagiaan yang kita rencanakan tidak bisa dicapai, maka siapkan kebahagiaan cadangan. Selalu memiliki Plan A dan Plan B, membuat jalan keberhasilan lebih mudah dan tidak terhenti ditengah jalan.

Pepatah mengatakan banyak jalan menuju Roma. Banyak jalan menuju keberhasilan dan kebahagiaan. Tekniknya bisa berbeda-beda, sesuai dengan kemampuan, selera dan Passion kita. Tiga langkah efektif untuk mencapai keberhasilan diatas, hanyalah beberapa dari sekian banyak tips efektif lainnya. Tetapai alurnya tetap sama, membutuhkan perencanaan yang matang, proses, dan waktu untuk mencapainya.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

2 Comments

  1. android populer November 29, 2015
  2. Jurusan Kuliah November 29, 2015

Leave a Reply