Lima Tips Mudah Mengelola Keuangan

 

Saat gajian adalah saat yang menyenangkan. Apa aja ingin di beli. Tapi giliran tanggal tua, terasa jadi orang termiskin didunia. Hal ini mengindikasikan pola keuangan yang kurang baik. Menurut saya, pola keuangan yang baik itu dimana kebutuhan dasar bisa terpenuhi, cashflow balance, bisa saving, lebih baik lagi kalo bisa menyumbang buat beramal. Kunci dari itu semua itu berawal dari pengelolaan keuangan yang baik.

Pada awal bulan, ada baiknya kita membuat pengelolaan keuangan terlebih dahulu, perencanaan adalah awal dari suatu kesuksesan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengelola keuangan agar tidak habis percuma:

1. Alokasikan minimal 10 persen untuk menabung. Menabung itu diawal, agar komitmen kita tetap terjaga. Menabung dari sisa penghasilan kurang efektif karena biasanya udah keburu abis untuk kebutuhan.

2. Membuat daftar kebutuhan yang akan diperlukan. Penuhi dahulu kebutuhan dasar. Usahakan untuk tidak  tidak boros dan penuhi dahulu kebutuhan utama.

3. Meningkatkan penghasilan. Meningkatkan penghasilan harus kita pikirkan bila sudah ada tanda-tanda besar pasak dari pada tiang. Pengelolaan keuangan yang baik adalah bila kebutuhan kita sudah terpenuhi dan tidak hutang sana sini.

4. Catat pengeluaran kita selama sebulan agar dapat kita evaluasi. Dari sini kita bisa tahu apakah uang kita memang untuk kebutuhan yang penting, atau ada indikasi pemborosan.

5. Sisihkan penghasilan kita minimal 2,5 persen untuk beramal. Tidak akan berkurang uang yang kita gunakan untuk beramal dan malah akan bertambah.

Perhatikanlah pengeluaran kita dan alokasikanlah untuk hal yang penting terlebih dahulu. Dengan kita berhemat, keuangan kita akan menjadi lebih baik dan juga tidak ada beban untuk bulan berikutnya.

Dengan demikian, kita bisa hidup tenang tanpa memikirkan tanggungan hutang ataupun kebutuhan yang lainnya yang tidak terlalu penting. Karena semuanya sudah terencana dengan baik.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen dikolom komentar 😀

Leave a Reply