Tips Bekerja Secara Efektif dan Efisien

Spread the love

 

Pekerjaan yang menumpuk banyak menyita waktu, pikiran dan tenaga Anda. Banyaknya pekerjaan membuat Anda sulit untuk konsentrasi. Bekerja secara Multitasking seolah menjadi tuntutan untuk memenangkan kompetisi bisnis. Akibatnya, banyak tugas yang tidak terselesaikan, atau ada beberapa tugas yang bahkan terlupakan.

Dibutuhkan strategi yang jitu untuk menangani hal ini. Banyak orang yang merasa telah melakukan banyak hal yang dilakukan, namun tidak ada hasil yang terlihat. Berikut beberapa cara jitu untuk bekerja secara efektif dan efisien:

1. Catat semua tugas Anda. List semua hal yang akan dikerjakan beserta deadlinenya. Tuliskan di agenda Anda, jangan hanya sekedar di ingat. Sifat alami manusia adalah mudah lupa, apalagi kalau sudah tenggelam dalam pekerjaan.

2. Buat prioritas. urutkan mulai dari yang paling urgent dan tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Setiap tugas memiliki batas waktu yang rasional untuk mengerjakannya.

3. Tetap fokus pada pekerjaan. Kerjakan tugas besarnya, Jangan terpaku pada detail. Utamakan yang Major, dan tunda dahulu yang minor. Jangan terlalu perfect bila hal itu banyak menyita waktu. Bila satu tugas terselesaikan, segera check list agenda Anda.

Bekerja efektif berarti melakukan hal yang Benar, menyangkut tujuan dan deliverable pekerjaan. Tundalah hal yang kurang penting/interupsi dalam pekerjaan. Interupsi ini dapat Anda kerjakan pada saat jam istirahat.

Bekerja efisien berarti melakukan dengan Benar, menyangkut progress pekerjaan. Tetaplah fokus pada tugas besar Anda, sehingga ketelitian dapat tetap terjaga. Penuhi Tugas Majornya, selesaikan dan koreksi bila ada waktu lebih.

Demikian 3 tips untuk bekerja secara efektif dan efisien. Profesionalisme terbentuk dari kebiasaan, dan kebiasaan terbentuk dari komitmen. Berkomitmenlah untuk menerapkan tips diatas secara bertahap, dan jadilah pribadi yang berkualitas.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.