Tips Berhemat Uang Bulanan

 

Apakah Anda sering kehabisan uang bulanan padahal masih di awal bulan? Masalah seperti ini sangat sering terjadi karena berbelanja sangat mudah belakangan ini. Adakah tips berhemat uang bulanan? Tentu. Anda bisa membacanya di bawah ini.

1. Jangan Terlalu Banyak Membeli Jajan di Luar

Jangan terlalu sering menghabiskan waktu untuk makan di luar rumah, karena secara tidak langsung, membeli jajan atau makanan di luar rumah akan membuat Anda membeli sesuatu yang tidak sehat atau tidak higienis. Coba biasakan untuk makan di rumah, atau bahkan membawa bekal untuk kuliah atau ke kantor. Memang akan terlihat sangat kuno, namun beberapa orang yang menerapkan makan di rumah dan membawa bekal akan menghemat lebih banyak rupiah di tabungan dan pengeluaran bulanan mereka.

2. Hindari Window Shopping

Saat berjalan-jalan, sebaiknya Anda menghindari tempat-tempat yang berbau diskon. Meskipun tujuan Anda jalan-jalan adalah untuk refreshing, lebih baik hindari mall atau pertokoan yang lainnya. Window shopping akan membuat Anda semakin tertarik untuk membeli karena saat window shopping berawal dari hanya melihat-lihat dan melihat kondisi tabungan dalam ATM yang masih ada, maka Anda akan terdorong untuk membeli. Untuk refreshing, Anda juga dapat mengunjungi tempat hiburan lain yang gratis misalnya pantai atau sekedar olahraga kecil di depan rumah. Selain mengunjungi langsung outlet atau mall yang disukai, Anda juga sebaiknya menghindari online shopping. Sekarang ini berbelanja tidak harus di dalam mall, bukan? Tinggal pilih barang, transfer, dan beberapa hari kemudian barang akan sampai di rumah Anda. Cukup mudah bukan untuk membeli barang? Ini juga riskan untuk menguras uang Anda.

3. Jangan Mudah Terpengaruh oleh Diskon

Pernahkah Anda pergi ke suatu mall dan bertepatan dengan diskon besar besaran yang dilakukan oleh suatu merk terkenal atau suatu outlet kesukaan ada? Ini merupakan suatu tantangan besar bagi Anda yang suka berbelanja. Jangan terkecoh oleh diskon yang membuat Anda melakukan suatu pengeluaran yang impulsif dari uang bulanan yang seharusnya Anda simpan untuk menabung. Diskon memang tidak bisa menanti tapi kebutuhan Anda sampai akhir bulan juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Akan ada diskon yang lain yang lebih membantu Anda jika Anda memerlukan suatu barang.

Itulah beberapa tips berhemat uang bulanan. Jika Anda memiliki masalah dengan kemampuan Anda untuk menahan diri untuk tidak menghabiskan uang Anda, Anda dapat mengikuti beberapa tips berhemat uang bulanan tersebut. Memiliki tabungan sangatlah penting bagi masa depan Anda, terutama jika Anda telah memiliki keluarga, atau Anda adalah pelajar yang tinggal jauh dari rumah atau merantau. Pahamilah jika akan ada keperluan mendadak dan mendesak yang Anda akan memerlukan cukup banyak biaya untuk itu. Tahanlah keinginan Anda untuk berbelanja, jajan di luar atau tidak tergoda oleh diskon. Simpan uang Anda dan organisir dengan baik uang Anda sehingga Anda memiliki tabungan yang dapat dipakai jika perlu.



            										

Leave a Reply