Tips jitu meningkatkan semangat 5x lipat

Spread the love

Kehidupan itu seperti air laut, kadang pasang kadang surut, ada senang ada duka, ada sedih ada tawa. Pasang surutnya kehidupan berpengaruh pada semangat kita. Yang membuat semangat kita bisa juga naik, atau terkadang malah turun.

Padahal semangat adalah motivasi yang mmbuat kita selalu bergerak, berbuat yang terbaik dalam kehidupan, seperti energi yang menggerakkan kita untuk menggapai rencana-rencana dalam hidup.

Naik turunnya semangat mungkin sudah biasa. Memaintenance semangat itu yang menjadi tantangan. Setiap orang memiliki cara-cara terus sendiri untuk menjaga dan meningkatkan  semangat.

Menjaga dan meningkatkan semangat itu gampang-gampang susah. Ada yang perlu pake biaya, ada yang gratis. Tapi intinya sama, menjaga semangat agar selalu berada di level maksimum. Semakin lihai kita menjaga semangat, semakin lihai kita dalam menghadapi permasalahn kehidupan.

Berikut 5 jurus yang bisa menjadi inspirasi untuk menjaga dan meningkatkan semangat:

A. Mandi air hangat. Mandi air hangat sesekali membuat badan menjadi lebih relaks. Badan terasa lebih bugar dan peredaran darah serasa lebih lancar. Apalagi di saat badan kita terkena serangan 3L: letih lesu loyo. Letih lesu loyo dapat menurunkan semangat. Maka mandi air hangat bisa menjadi recovery untuk meningkatkan semangat kembali.

B. Makan makanan favorit dengan wisata kuliner. Bisa jadi kita mempunyai makanan favorit semasa kecil, atau mengunjungi suatu kafe/restoran yang makanannya sudah lama ngga kita coba. Mungkin kita jenuh dengan makanan yang biasa sehari-hari kita makan. Wisata kuliner dapat membuat semangat menjadi joss dan dunia terasa cerah kembali.

C. Baca buku sambil minum kopi. Setelah adanya internet, rasanya kita semakin jauh dengan buku. Informasi di internet terkadang hanya sepotong-sepotong, misalnya dalam bentuk artikel-artikel. Selain itu juga bergantung pada kata kunci.

Pergi ke toko buku, mencari dan membeli buku topik tertentu yang menarik, kemudian dibaca sambil minum teh/kopi, bisa menjadi cara yang efektif untuk menaikkan semangat kembali. Membaca buku dapat membuka wawasan kita, pikiran terasa lebih lapang, serasa habis senam otak dengan membaca buku.

D. Mengunjungi teman. Atau silaturahmi ke teman yang lama jarang ketemu. Mungkin beda dengan hanya ngobrol dengan teman di tempat kerja atau kampus. Mengunjungi rumah teman bisa menumbuhkan semangat kembali dan membuat badan kita bergerak lebih dinamis. Ada pengalaman-pengaalaman baru dengan bepergiaan ke rumah teman.

E. Berdo’a dan menguatkan dimensi spiritual. Tidak ada yang mampu bisa mengerti semua keluh kesah kita kecuali Allah Tuhan semesta alam. Yang selalu mendengar keluh kesah hambanya, 24 jam sehari gratis tanpa pungut biaya. Meningkatkan dimensi spiritual akan semakin memperkuat semangat kita setelah sekian lama berkutat mengarungi lelahnya kehidupan.

Setiap orang memiliki resep jitu dalam menjaga semangat. Apapun motifnya, sah-sah saja asalkan sesuai dengan kepribadian dan efektif untuk menumbuhkan semangat. Semangat itu seperti pakaian, adakalanya semakin kotor dan lusuh. Maka harus diperbaharui dengan di cuci atau diganti. Seni menjaga dan meningkatkan semangat adalah seni menghadapi kehidupan.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

3 Comments


  1. saya pikir sangat pas sekali tips diatas untuk meningkatakan semangat…terlebih dengan mandi air hangat..saya setuju sekali karena saya sering mempraktikanya

    Reply

  2. Makan atau minum sesuatu yang jadi favorit udah paling mantep tuh untuk meningkatkan semangat. Ngga perlu yang mahal-mahal dan susah didapet, bahkan dalam sepotong coklat pun udah bisa ngembaliin mood ke arah yang lebih baik hehe.

    Saya juga paling suka pergi ke toko buku, lihat banyak buku baru dipajang, dll. Begitu nemu buku dari pengarang favorit biasanya udah langsung naikkin semangat tuh, rasanya beban apapun hilang, pengennya cepet-cepet baca buku itu 🙂

    “Seni menjaga dan meningkatkan semangat adalah seni menghadapi kehidupan” –> mantap quote-nya.

    Reply

  3. Kalau saya untuk meningkatkan semangat biasanya melihat kembali tujuan hidup saya, apa saja yang harus saya capai dalam kehidupan. Kalau sudah demikian kita bisa lebih bergairah dalam menjalani hidup karena mempunyai motivasi tersebut. 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.