Tips Mudah untuk Menabung

Spread the love

 

Apakah anda termasuk orang yang sulit untuk menabung? Berapapun penghasilan yang anda dapat selalu habis untuk memenuhi kebutuhan.

Menabung itu bagus, karena membuat kita lebih disiplin dan berkomitmen untuk mengelola keuangan. Menabung tidak akan sulit bila sudah menjadi kebiasaan. Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menabung: untuk persiapan hari tua, dana pendidikan anak, dana cadangan saat ada kebutuhan mendesak, dan lai-lain.

Tidak peduli berapapun penghasilan yang didapat, setiap orang bisa menabung. Berikut tiga tips mudah untuk mulai menabung:

1. Tentukan berapa persen penghasilan yang akan anda tabung. Misalkan 10%, berkomitmenlah untuk menyisihkan nominal tersebut dari penghasilan anda, sisanya baru anda alokasikan untuk kebutuhan pokok.

2. Menabunglah diawal bulan. Menabung dengan sisa uang kebutuhan tidaklah efektif, karena kebutuhan tidak ada habisnya. Cobalah untuk menyisihkan uang tabungan anda begitu Anda menerima gaji.

Lebih bagus lagi kalau anda membuka tabungan berjangka. Tabungan dengan jangka waktu tertentu yang tidak bisa Anda ambil sebelum jatuh tempo. Selain bunganya lebih besar, juga membuat anda lebih berkomitmen untuk menabung

3. Hindari pola hidup konsumtif. Belilah yang sesuai kebutuhan. Lebih bagus lagi bila anda mempunyai sisa uang bulanan setelah menyisihkan untuk menabung diawal bulan. Hasilnya bisa anda gunakan untuk membeli kebutuhan yang nominalnya cukup besar dan menyulitkan bila membeli cash.

Mungkin akan sulit pada awalnya namun akan mudah pada akhirnya apabila sudah menjadi kebiasaan. Milikilah kebiasaan positif, dan nikmati manfaatnya dalam kehidupan anda.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan komen di kolom komentar 😀

1 Comment


  1. alangkah lebih baiknya kalau kita punya tabungan sebesar enam kali lipat jumlah penghasilan bulanan agar bisa digunakan sebagai dana darurat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.