Cara mengkombinasikan Keywordshitter dengan Google Keyword Planner

Spread the love
Research keyword elfaviona
Tips ringan research dengan google keyword planner

Research keyword planner itu susah lho, beneran. Kenapa susah? Karena saya belum tahu caranya. Ini saya alami pada saat pertama kali belajar SEO. Belum tahu harus mulai dari mana. Padahal para expert internet marketing menyarankan, kalo mau bikin postingan, research keyword dulu.

Sebenarnya ada manfaatnya juga melakukan research keyword dulu sebelum posting. Karena setiap mau posting, pasti “ada satu ide” yang mau kita sampaikan lewat artikel yang akan dibuat. Satu ide itu yang nanti akan menjadi bahan research keyword.

Kenapa harus repot? Karena pepatah mengatakan, sambil mendayung 2-3 pulau terlampaui. Sambil bikin artikel, SEO nya juga kita pelajari. Selain itu juga research keyword kita gunakan untuk mengukur potensi suatu kata atau frasa dicari oleh pengguna di search engine.

Berikut cara yang saya lakukan, untuk research keyword dengan menggunakan google keyword planner:

  • Tentukan topik artikel yang akan ditulis. Saya ambil contoh: menulis artikel. Untuk mendapatkan kombinasi kata kunci ” menulis artikel”, saya menggunakan Keywordshitter. Isi kata kunci diinginkan kemudian tekan shit keyword! Dari sini saya mendapatkan 320 suggestion keyword yang akan saya jadikan bahan input keyword planner.
keywordshitter elfaviona
  • Buka Google Keyword Planner. Klik tab “alat” di sebelah kanan atas lalu klik > Perencana kata kunci. Copy 320 suggestion keyword dari Keywordshitter, lalu paste di Google Keyword Planner. Lalu klik dapatkan volume penelusuran.
keyword planner elfaviona
  • Akhirnya saya mendapatkan volume penelusuran dari kombinasi kata kunci yang saya buat. Klik tombol unduh kemudian save ke format excel.
hasil volume penelusuran elfaviona
  • Dari format excel inilah saya mencari inspirasi kata kunci yang berpotensi. Sebagai contoh, saya memilih kata kunci: menulis artikel di bayar rupiah. Dengan hasil volume pencarian 110 perbulan. Hasil penelusuran search engine ada 57.800.
format excel elfaviona
hasil pencarian google elfaviona
Biasanya saya search 10-15 kombinasi kata kunci dari excel diatas di search engine google, untuk mencari tingkat persaingan lebih rendah. Terkadang saya mendapatkan kata kunci yang sangat-sangat potensial dengan tingkat persaingan di bawah 20.000. Inilah yang saya sebut dengan “harta Karun”.

Selanjutnya saya tinggal buka 5 blog rangking teratas dengan kata kunci yang saya pilih, mempelajari isinya, kemudian menulis artikel yang lebih unik, lebih kreatif, dan lebih lengkap dari artikel yang sudah ada.

Happy Blogging All! Semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.