5 Keuntungan Investasi di Bidang Properti

By | May 27, 2019

Investasi merupakan cara terbaik menyimpan uang tapi tetap mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Dalam buku Cashflow Quadrant yang ditulis oleh Robert Kiyosaki dijelaskan ada 4 kuadarant dalam perputaran uang yaitu karyawan, penyedia jasa, Pemilik Bisnis, dan investor. Kuadrant yang paling banyak memegang perputaran uang secara penuh adalah investor.

Ada beberapa macam jenis investasi seperti saham, deposito, franchise, dan lainnya. Namun, ada satu jenis investasi yang sudah ada sejak dulu yaitu investasi properti. Dahulu, investasi properti hanya berupa tanah kemudian berkembang termasuk bangunanannya seperti apartement, kos-kosan, dan rumah.

Kenapa Anda harus berinvestasi di property bukan yang lain ?? nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan baca 5 keuntungan investasi di bidang properti berikut ini :

Keuntungan Setiap Bulan dengan Disewakan

Bukan hanya sebagai investasi jangka panjang, ternyat property juga bisa mendatangkan keuntungan setiap bulan dengan cara disewakan. Setiap jenis properti baik itu tanah, apartement, rumah dan ruko memiliki nilai sewa yang berbeda-beda, tergantung lokasi properti itu sendiri.

Sebenarnya tidak harus bulanan juga tidak apa-apa, tergantung keinginan Anda sendiri sebagai pemilik sendiri. Anda juga bisa menerapkan masa sewa per 6 bulan biasanya untuk kontrakan satu rumah atau bisa juga per tahun biasanya untuk ruko dan sewa tanah.

Nilainya Terus Meningkat Setiap tahun

Tidak seperti mobil dan motor yang ketika Anda beli lalu dijual lagi maka harganya akan turun. Sedangkan rumah, walaupun ditempati selama bertahun-tahun ketika dijual nilainya pasti naik lebih tinggi dibandingkan harga yang Anda beli sebelumnya.

Untuk mengetahui nilai jual rumah, Anda bisa tanyakan kepada surveyor KPR dan agen property karena mereka punya rumus dalam menentukan harga jual rumah.

Tahan Terhadap Pergerakan Inflasi

Properti dikatakan jenis investasi terbaik karena nilai harganya yang tidak tergerus inflasi (hedge of inflation). Artinya berapapun kenaikan inflasi setiap tahun, nilai poperti tidak akan menurun sedikitpun bahkan bergerak naik keatas mengikuti besarnya inflasi setiap tahunnya.

Tabungan yang Paling Baik untuk Masa Depan

Selain sebagai investasi, properti juga bisa digunkan sebagai tabungan untuk masa depan Anda dan keluarga. Dibandingkan menabung di deposito, menabung property sangatlah baik karena hasil yang Anda dapatkan dari menjual rumah berkali-kali lipat dari harga awal ketika Anda membeli properti tersebut.

Selain itu, properti merupakan satu-satunya jenis tabungan yang memiliki bentuk sehingga bisa dipantau setiap saat. Jika Anda sudah punya properti tapi masih memiliki dana lebih sebaiknya berinvestasi lagi di properti agar tabungan Anda semakin bertambah dan keuntungan yang bisa didapatkan semakin berlimpah.

Bisa Dijadikan Tempat Tinggal

Bedanya properti dengan jenis investasi lainnya yaitu bisa ditempati atau dijadikan tempat tinggal oleh si pemilik. Anda bisa menempati properti yang Anda beli sampai kapanpun, bahkan bisa juga dijadikan tempat untuk berbagai acara keluarga seperti arisan, kumpul lebaran, pengajian dan lainnya.

Namun, tetap jaga kebersihan dan keindahan rumah agar nilai jualnya tinggi. Jika ada tembok yang retak, atap yang bocor dan pondasi yang keropos sebaiknya segera diperbaiki, jangan sampai kerusakan tersebut bertambah besar.

Itulah 5 keuntungan investasi di bidang properti yang bisa Anda nikmati. Jika Anda berminat ingin membeli properti, sebaiknya cek dulu kredibilitas si developer melalui situs asosiasi developer, selanjutnya cek kualitas rangka bangunan yang digunakan dan tentunya cari yang harganya terjangkau. Dengan begitu investasi yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia karena Anda memilih properti yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *