Ikuti Langkah ini untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah

By | January 27, 2016

Modal adalah masalah utama yang dihadapi banyak orang ketika ingin mendirikan suatu usaha. Tentu saja modal tersebut digunakan untuk membelanjakan keperluan usaha seperti bahan baku, sewa tempat, peralatan, dan juga untuk promosi produk.

Sebenarnya untuk mendapakan modal usaha tidaklah sulit, Anda tidak harus menjadi keturunan Bill Gates untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah, cukup ikuti langkah ini untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah :

Pinjam Kerabat dan Keluarga

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan yaitu meminjam dana kepada kerabat ataupun keluarga. Jelaskan tujuan Anda meminjam dana kepada mereka agar tidak salah paham, tetapkan jangka waktu pengembalian pinjaman.

Jangan meminjam banyak dana kepada satu orang, tapi pinjamlah dengan nominal sedikit ke banyak orang. Misalkan, Anda butuh modal Rp 10 juta, maka jangan langsung pinjam 10 juta ke satu orang, tapi pinjamlah Rp 1 juta ke 10 orang kerabat atau keluarga sehingga mereka tidak merasa berat meminjamkan dana kepada anda.

Menjual Barang

Punya barang yang sudah tidak terpakai tapi masih cukup bagus, sebaiknya Anda jual saja barang tersebut untuk menambah modal usaha Anda. Kumpulkan semua barang yang ada dirumah Anda yang bisa dijual, kemudian Anda bisa membuka garage sale.

Selain itu, Anda juga bisa menjual barang tersebut melalui situs marketplace seperti tokopedia, bukalapak, olx, dan lainnya.

Kerja Sampingan

JIka modal yang dikumpulkan masih belum cukup, Anda bisa mencari kerja sampingan terlebih dahulu. Manfaatkan skill atau kemampuan yang Anda miliki, misalkan Anda punya keahlian di bidang programming, maka Anda bisa mencari kerja sampingan sebagai web programming.

Contoh lainnya, misalkan Anda jago bahasa Inggris, maka Anda bisa menjalankan kerja sampingan di tempat kursus atau bimbel bahasa inggris. Kumpulkan bayaran yang Anda dapatkan, jangan fokus dan jangan terlena untuk membeli barang-barang baru. Ingat, tujuan utama Anda adalah mengumpulkan modal untuk membangun usaha

Cari Investor

Barang yang bisa dijual tidak punya, kemampuan khusus untuk kerja sampingan juga tidak ada. Tenang saja, Anda bisa punya opsi lainnya yaitu mencari investor. Tugas Anda disini hanyalah membuat konsep bisnis yang bagus dan prospektif sehingga membuat investor teratarik untuk berinvestasi di bisnis Anda.

Tidak harus berbentuk perusahaan funding, untuk tahap awal Anda bisa mengajak teman-teman Anda yang memiiki keuangan lebih untuk menjadi investor di bisnis Anda. Buatlah laporan pemasukan dan pengeluaran secara detail agar tidak ada pihak yang merasa dikecewakan.

Menjadi Broker

Cara yang paling ampuh menghasilkan uang dengan cepat untuk modal usaha tanpa pinjam adalah dengan menjadi broker atau makelar. Anda bisa menjadi broker properti, kendaraan bermotor, bahkan mejadi broker jasa tertentu.

Pada umumnya, broker atau makelar mendapatkan komisi dari setiap penjualan. Misalkan, untuk broker property biasanya mendapatkan komisi 2,5% , jika berhasil menjual rumah seharga Rp 1 milyar berarti komisi yang didapatkan sebesar Rp 25 juta. Semakin tinggi harga jualnya maka semakin besar komisi yang bisa Anda dapatkan.

Silakan ikuti langkah mendapatkan modal usaha dengan mudah yang ada diatas. Dari beberapa langkah tersebut pasti ada satu cara yang berhasil untuk Anda, asalkan Anda mau melakukannya dengan serius. Ketika modal usaha sudah didapatkan, bangunlah usaha dengan semangat dan kerja keras sehingga Anda mampu meraih kesuksesan dimasa mendatang. Ingat, Modal yang paling besar setelah uang adalah tekad dan kerja keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *