Inspirasi Bisnis Warung Kaki Lima Modal Minim

By | November 10, 2018

Banyak orang yang menganggap remeh warung kaki lama, padahal keuntungan yang didapat lumayan besar loh. Namun, banyak orang yang tidak terlalu suka menjalankan bisnis tersebut alasannya karena lokasi yang tidak jelas dan seringkali terkena gusur oleh satpol pp.

Sebenarnya, masalah tersebut bisa diatasi dengan menyewa lahan secara resmi kepada pemilik tanah kosong dan tidak berjualan di trotoar.Masalah lainnya adalah modal yang terlalu besar, padahal ada juga loh bisnis warung kaki lima modal minim sehingga bisa dijalankan oleh siapa saja. Supaya tidak penasaran, silakan Anda simak informasinya berikut ini :

Warung Tenda Roti Bakar

Roti bakar merupakan makanan ringan yang disukai banyak orang, selain rasanya enak juga menyehatkan loh. Bahan bakunya mudah didapatkan dan cara mengolahnya juga tidak terlalu sulit, ada banyak tutorialnya di youtube dan berbagai situs masakan.

Konsep warung tenda roti bakar sebenarnya sudah sangat familiar, namun harus diakui konsep ini disukai banyak orang khususnya anak-anak muda, karena bentuknya yang sederhana dan nyaman untuk dijadikan tempat hangout.

Angkringan Lesehan

Jika Anda berkunjung ke Malioboro akan terlihat banyak sekali angkringan dengan konsep lesehan. Nah, konsep angkringan seperti ini bisa dijadikan peluang bisnis di daerah tempat Anda tinggal. Anda hanya membutuhkan lahan kosong, gerobak, peralatan masak dan peralatan makan.

Modal yang dibutuhkan sekitar Rp 2,5 juta – Rp 7 juta tergantung luas tempat dan kapasitas makanan yang ingin Anda jual.

Supaya pengunjung lebih betah dan nyaman, sediakan fasilitas wifi dan permainan yang menarik seperti monopoli, catur, kartu remi dan lainnya.

Tempat Makan Ayam Bakar

Makanan yang satu ini tidak pernah sepi peminat, hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai ayam bakar. Peluang bisnis ayam bakar masih terbuka lebar, modal yang dibutuhkan juga cukup terjangkau, mula dari Rp 3 juta hingga Rp 10 juta tergantung konsep tempat usahanya seperti apa.

Cari lokasi di pinggir jalan yang sering dilewati orang seperti daerah perkantoran, sekitar pabrik, dekat sekolahan dan kampus, dan juga di seputar wilayah mall. Sebelum menyewa tempat sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu, Anda bisa tanya-tanya ke pedagang yang berjualan di lokasi tersebut.

Warung Kopi Masa Kini

Salah satu tempat usaha yang paling laris dari masa ke masa adalah warung kopi. Sebenarnya menu yang disediakan sangat sederhana seperti mie rebus dan goreng, bubur kacang ijo, es jeruk, es teh manis, kopi dan lainnya.

Karena menu yang dijual harganya terjangkau berarti modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Namun, buatlah konsep warung kopi yang lebih modern dibandingkan warung kopi pada umumnya, misalkan menambah kursi dan meja yang terbuat dari drum bekas, tambahkan lampu kecil disepanjang atap dan tiang warung.

Sebagai daya tarik, berikan promo khusus yang mampu menarik perhatian, misalkan “Minum Kopi Gratis untuk 10 pendatang pertama” atau bisa juga “Mau Es Jeruk Gratis?? Ajak Temanmu Nongkrong Disini”

Warung Kelontong Sekaligus Tempat Nongkrong

Percaya atau tidak, harus diakui tempat jajan dan belanja kebutuhan rumah yang paling sering dikunjungi adalah warung kelontong. Mulai dari sabun mandi, sabun cuci, pembalut sampai permen pun ada di toko kelontong.

Modal yang dibutuhkan tergantung dari tempat yang akan Anda sewa dan juga jumlah stok barang yang akan dijual, kira-kira sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 20 juta.

Supaya memiliki nilai lebih, sebaiknya Anda mencari tempat yang memiliki lahan lebih. Tujuannya, untuk dijadikan tempat bersantai atau tempat nongkrong para pembeli yang datang ke warung kelontong Anda. Sediakan terpal untuk alasnya, dan letakkan meja kecil untuk setiap tempat yang berfungsi sebagai pembatas.

Bisinis warung kaki lima modal minim bisa dijalankan oleh siapapun. Pilihlah salah satunya yang sekiranya sesuai dengan keinginan Anda dan memiliki potensi yang besar jika dijalankan di wilayah atau daerah tempat tinggal Anda. Selalu perhatikan kenyamanan dan kepuasan konsumen agar bisnis Anda selalu dipenuhi pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *